12 Kreasi Olahan Kepiting

                Apa olahan kepiting favoritmu? - Indonesia memiliki jumlah pulau yang mencapai hingga 17.508 pulau. Semua pulau tersebut terbentang mulai dari Sabang (ujung barat) sampai Merauke (ujung timur). Tidak salah apabila makanan laut disukai masyarakat Indonesia, salah satunya kepiting. Harga kepiting cukup mahal, tetapi banyak orang rela merogoh kocek untuk menikmati olahan kepiting. Kamu juga bisa memasak sendiri.

                Yuk simak beberapa kreasi olahan kepiting berikut.

  1. Kepiting saus Padang

Jika kamu pencinta pedas, wajib mencoba olahan kepiting saus padang ini. Bumbunya terbuat dari bahan diantaranya bawang bombay, bawang putih, jahe, kecap ikan, maizena, telur, cabai merah besar, cabai rawit. kunyit, kemiri.

Warna kepiting saus padang ini kemerahan. Biasa dipadu potongan jagung. Sangat nikmat dikonsumsi bersama nasi hangat.

  1. Kepiting saus tiram

Olahan kepiting saus tiram bisa jadi pilihan untuk kamu yang tidak suka ribet. Bahan-bahannya diantaranya bawang putih, bawang Bombay. Jahe, kecap ikan, telur, maizena, dan saus tiram.

  1. Kepiting asam manis

Kepiting asam manis menjadi salah satu olahan kepiting favorit di berbagai rumah makan seafood. Bahannya sederhana, tapi tetap lezat. Seperti, bawang merah, bawang putih, saus tiram, jahe, kecap manis, saus sambal, garam, dan gula.

  1. Kepiting saus Singapura

Olahan kepiting saus Singapura terdiri dari saus sambal, saus tiram, saus tomat, saus rajarasa, gula, garam, dan cabai rawit. memiliki cita rasa pedas, manis, dan gurih.

  1. Kepiting lada hitam

Sesuai dengan Namanya, olahan kepiting ini memiliki warna hitam pekat karena ada tambahan lada hitam pada proses memasak. Meskipun warnanya hitam, rasanya sangat lezat.

  1. Kare kepiting

Jika selama ini, kare terbuat dari daging ayam, sapi, dsb. Nah, ternyata kepiting juga bisa dimasak kare. Cara membuatnya sama seperti kare pada umumnya. Kepiting dimasukkan setelah semua rebusan bumbu mendidih dan masak beberapa saat hingga matang. Bahan membuat kare kepiting yaitu daun jeruk, serai, daun salam, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, merica, jintan, dan santan.

  1. Kepiting kuah kuning pedas

Olahan kepiting kuah kuning pedas ini terdiri dari bawang putih, kemiri, cabai rawit, kunyit, daun salam, sereh, lengkuas, garam, dan gula.

  1. Kepiting goreng tepung

Kepiting yang digunakan biasanya kepiting cangkang lunak atau kepiting soka. Caranya, kepiting dicelupkan ke dalam adonan bawang putih, telur, terigu, maizena, merica, garam, lalu digoreng hingga berwarna coklat keemasan.

  1. Kepiting saus telur asin

Olahan saus telur asin sering disajikan dengan beragam olahan laut, termasuk kepiting. Olahan ini memiliki cita rasa asin, gurih, dan sedikit manis. Bahan yang digunakan yaitu telur asin, mentega, saus tiram, saus inggris, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih.

  1. Sup kepiting

Jika kamu ingin mencicipi olahan kepiting dengan sensasi berbeda, bisa coba sup kepiting ini. Cocok dikonsumsi di kala hujan. Bisa juga menambahkan jagung, wortel, dan asparagus.

  1. Kepiting saus mentega

Olahan ini memiliki cita rasa yang asin dan gurih. Bahannya yaitu bawang Bombay, bawang putih, kecap manis, garam, dan mentega.

  1. Kepiting asap

Ciri khas olahan kepiting asap ini yaitu kepiting yang dibungkus daun pisang dan aneka bumbu rempah. Kepiting dimasak dengan cara diasap di atas bara arang. Kepiting asap menawarkan aroma harum khas serta cita rasa nikmat.

Nah, itu 12 kreasi olahan kepiting yang bisa kamu coba masak. Selamat mencoba. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bisa menjadi inspirasi.

Referensi:

BrilioIDN Times 

Share this Post

Share