Beberapa Istilah dalam Restoran

                Sering makan di restoran? Pasti istilah ini sudah tidak asing! – Makan di luar rumah selalu memiliki sensasi tersendiri. Kamu dapat memandangi setiap sudut dekorasi suatu restoran, bercengkerama dengan teman atau keluarga, memegang gelas-gelas dingin, memegang piring-piring cantik, plating menarik di tiap hidangan, dsb.

                Di setiap restoran memiliki menu atau signature dish yang berbeda dari hotel lain. Sebelum memesan menu makanan, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu istilah-istilah di restoran berikut.

  1. Buffet

Buffet service banyak dipakai di restoran hotel kelas menengah dan atas. Tersedia berbagai macam makanan dan minuman di atas meja panjang dan kamu bebas untuk mengambilnya sesuai dengan selera. Sebaiknya, ambil menu sesuai dengan kapasitas perut, jangan rakus. Bisa-bisa kamu menjadi pusat perhatian bagi pengunjung lain. Jika ingin memesan menu yang tidak tersedia di set buffet, akan dikenakan biaya tambahan.

  1. Banquet

Banquet ini mirip buffet service, perbedaannya yaitu makanan yang disiapkan untuk kelompok (group) dalam jumlah tertentu, sesuai dengan pesanan. Menu yang disajikan juga telah ditentukan sebelumnya. Restoran hotel yang menyediakan layanan ini digunakan oleh sejumlah orang yang mengadakan rapat, seminar, konferensi, dan pernikahan.

  1. Ala carte menu

Konsep ini berarti menu makanan atau minuman yang ditawarkan, dijual per item dengan harga terpisah. Biasa ditemukan di restoran cepat saji atau restoran-restoran pada umumnya. Harus sabar saat memesan menu ini, karena menu akan dimasak setelah dipesan.

  1. Room service menu

Ini merupakan pelayanan makanan untuk tamu di kamar, suite, kabin, dll. Layanan ini biasanya menawarkan menu yang lebih sedikit dibanding yang ditawarkan di restoran. Untuk memesan room service menu, gunakan layanan telepon yang tersedia di kamar.

  1. Table d’hote

Merupakan susunan hidangan lengkap (complete meal) yang ditawarkan untuk satu harga. Terdapat dua hidangan atau lebih yang ditawarkan pada menu, dengan harga yang berbeda. Kamu dapat memilih makanan diantara kelompok makanan tersebut.

  1. Table service

Kamu hanya perlu duduk di meja makan, kemudian ada waiter atau waitress yang akan melayani makanan dan minuman. Ada beberapa jenis layanan meja service yaitu Amerika, Inggris, Perancis, dan Rusia, yang mempunyai ciri khas dan keunikan masing-masing.

  1. Bar

Seperti restoran pada umumnya, dalam bar juga menyediakan berbagai menu dengan tambahan makanan dan minuman ringan. Menu utama terdiri draft atau bir botol, wine, cocktail, dan minuman spesial lainnya.

  1. Fine dining

Retoran yang menyajikan makanan secara lengkap, mulai dari appetizer, main course, dan dessert. Kualitas pelayanan adalah ciri khas dari jenis restoran ini, sehingga disebut juga restoran formal.

  1. All you can eat

Sistem AYCE artinya kamu bisa makan dengan porsi bebas dengan membayar sejumlah uang dan dengan waktu terbatas.

Baca juga: Trik Makan di Resto All You Can Eat Biar Kamu Gak Rugi 

  1. Take away

Istilah ini digunakan untuk pesanan yang dibawa pulang. Jika kamu pernah memesan makanan di restoran dan minta dibungkus, hal itu menggambarkan ‘take away’.

  1. Dine in

Dine in merupakan istilah yang digunakan jika kamu menikmati hidangan restoran di tempatnya langsung.

  1. Delivery

Merupakan istilah untuk kamu yang memesan makanan di sebuah restoran dan menggunakan layanan antar. Baik yang disediakan oleh restoran atau menggunakan jasa ojek online (ojol).

Beberapa istilah lainnya yaitu:

Breakfast: makan pagi hari antara jam 6 sampai jam 9 pagi, biasanya menu breakfast kebanyakan adalah roti dengan segelas susu.

Brunch: merupakan singkatan dari breakfast dan lunch, maksudnya makan di antara breakfast dan lunch sekitar jam 10 sampai jam 11 dan biasanya dilakukan oleh orang yang tidak sempat sarapan.

Lunch: makan siang diantara jam 12 sampai jam 3 sore, tetapi di Indonesia biasanya dilakukan saat jam 12 sampai jam 1 siang.

Dinner: makan malam yang biasa dilakukan saat malam hari di atas jam 6 sampai jam 8 malam.

Appetizer: makanan pembuka biasanya seperti makanan ringan untuk membangkitkan selera makan sebelum makanan inti dihidangkan.

Dessert: makanan atau minuman penutup biasanya disantap ketika sudah selesai makan main course, biasanya yang makana atau minuman menyegarkan.

Main Course: makanan inti yang biasa disantap setelah appetizer di restoran mewah atau undangan makan malam.

Supper: makan malam yang mendekati waktu tidur biasanya jam 9 atau lebih.

Dishes : berbagai jenis hidangan yang tersedia di restaurant.

Snack: makanan ringan atau cemilan yang tidak mengenyangkan.

Beverage: minuman yang ada dalam restoran.

Tea Break/Coffee Break: istilah yang digunakan ketika istirahat untuk minum teh atau kopi, biasanya dilakukan di sela-sela waktu kerja untuk menyegarkan pikiran ketika suntuk atau letih bekerja.

Teatime: istilah yang dipakai ketika menyantap makanan ringan pada sore hari, biasanya seperti cemilan dengan minuman teh.

Recommended food: makanan yang direkomendasikan oleh restoran untuk tamu restoran.

Overcooked food: makanan yang terlalu matang.

Fast food: makanan siap saji.

Order: Memesan makanan dari daftar menu yang sudah ada di dalam restoran.

Free Table: Meja kosong yang masih bisa ditempati tamu dalam restoran.

Reserved: salah satu meja pada restoran yang sudah dipesan oleh tamu restoran.

Bill: tagihan atau bon yang harus dibayar tamu setelah selesai makan di restoran.

Rare: kurang matang atau setengah matang (biasanya disebutkan untuk daging steak yang masih sedikit merah).

Medium Rare: kurang matang (biasanya disebutkan untuk daging steak yang sedikit merah saja).

Medium: sedikit matang (biasanya disebutkan untuk daging steak).

Well Done: matang (biasanya disebutkan untuk daging steak).

                Bagaimana? Terdengar tak asing bukan? Nah, sekarang kamu sudah mengetahui arti dari beberapa istilah dalam restoran. Semoga bermanfaat.

Referensi:

Indozone , Phinemo , Unsplash

Share this Post

Share