Trik Makan di Resto All You Can Eat Biar Kamu Gak Rugi

Susun strategi terlebih dahulu! – Kamu yang doyan makan banyak, pasti suka kalau makan di restoran All You Can Eat (AYCE). Adanya promo yang menggiurkan yang ditawarkan, hanya dengan membayar harga relatif murah, kamu dapat makan enak sepuasnya dan sekenyangnya. Jangan sampai saking kalapnya, kamu merasa kekenyangan duluan. Sedangkan, masih banyak menu yang belum dicicipi. Jika salah strategi, makan di restoran AYCE malah tidak untung, ditambah lagi beberapa restoran mematok durasi waktu makan. Indonesian Chef Association akan memberikan trik biar kamu gak rugi:

  1. Riset

Kedengarannya lucu dan niat banget. Tapi, percayalah, ketika kamu riset dulu tentang menu apa saja yang ditawarkan, sebanding atau tidak dengan harga dan rasanya. Riset dapat dari blog, social media, atau Google Maps.

  1. Jangan mengosongkan perut

Banyak orang melakukan hal ini, padahal salah besar. Dengan membiarkan perut kosong, justru akan membuat volume lambung mengecil. Akibatnya, tidak dapat makan banyak. Makanlah di waktu dan porsi yang normal sebelumnya. Dapat mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sereal atau oatmeal.

  1. Ambil hidangan dalam porsi kecil

Jangan tergoda dengan banyaknya makanan enak yang membuat mu mengambil porsi cukup besar. Kamu pasti ingin mencicipi semua menu, bukan? Nah, ambil hidangan favorit dalam porsi kecil agar perut tidak mudah kenyang dan dapat mencicipi beragam jenis hidangan.

  1. Prioritaskan makanan mahal

Perhatikan dulu jenis hidangan yang tersaji di meja buffet. Lalu, pilih menu yang tergolong mahal dan jarang kamu makan, seperti seafood dan daging.

  1. Minum seperlunya

Hindari minum terlalu banyak. Terlalu banyak minum akan membuat perut begah dan kembung. Hindari pula minum minuman yang tinggi kalori, seperti soda, jus atau minuman manis lainnya. Sebaiknya, pilih air mineral saja.

  1. Hindari menu tinggi karbohidrat

Menu yang tinggi karbohidrat seperti, nasi, mie, pasta, kentang akan membuat cepat kenyang. Nah, daripada kenyang karena banyak mengonsumsi karbohidrat, lebih baik pilih menu lain yang tidak membuat cepat kenyang.

  1. Pilih restoran dengan variasi menu yang banyak

Banyaknya menu yang disajikan, kamu juga akan mempunyai banyak pilihan. Tak mudah bosan, karena banyak hidangan yang membuat mu penasaran untuk mencobanya.

  1. Pilih kesukaanmu

Banyaknya pilihan menu yang disediakan, akan membuatmu ingin mencicipi semua hidangan. Sebaiknya, jangan lakukan hal tersebut. Prioritaskan makanan-makanan yang kamu suka, lalu baru yang lainnya. Dengan melakukan ini, kamu tidak akan menyesal nantinya ketika perut sudah kenyang, tetapi belum makan makanan yang disuka.

  1. Makan dengan perlahan

Jangan makan dengan terburu-buru. Ketika kamu kalap dan tak sabar mencicipi menu lainnya akan membuat perut kenyang lebih cepat. Kunyah dan nikmati hidangan yang sudah diambil.

  1. Makan siang, bukan makan malam

Datanglah untuk makan siang. Restoran All You Can Eat biasanya lebih sepi dibanding saat makan malam. Sehingga, kamu dapat leluasa dan santai mencicipi beragam hidangan yang disediakan. Kalori yang dikonsumsi di siang hari akan terbakar karena kamu masih ada kegiatan. Jika makan di malam hari yang notabene-nya jarang beraktivitas, akan menumpuk jadi lemak.  

  1. Akhiri dengan dessert

Kamu dapat mengonsumsi hidangan penutup yang telah disediakan, biasanya ada es krim, buah, hingga puding.

  1. Kenakan pakaian yang longgar

Mungkin akan terdengar aneh. Ya percaya gak percaya, ternyata faktor pakaian itu berpengaruh. Mengenakan pakaian yang ketat akan membuat tidak nyaman dan terasa sesak. Sebaiknya, kenakan pakaian yang longgar atau celana karet yang nyaman dan dapat mengembang.

  1. Olahraga sebelumnya

Boleh dicoba trik satu ini. Buatlah dirimu sedikit lebih lapar dengan olahraga. Kamu akan berhasil menampung banyak hidangan.

  1. Berdiri atau jalan-jalan dulu

Jika sudah mulai kenyang, cobalah berdiri dan jalan-jalan dulu. Restoran All You Can Eat (AYCE) memiliki batas waktu tidak sesedikit itu. Masih dapat digunakan dengan dengan jalan sebentar.

  1. Buang air itu gak haram

Saat di tengah-tengah menyantap hidangan, boleh kok menyempatkan sedikit waktu untuk ke toilet. Jangan menahannya ya!

Nah, itulah 15 tips yang dibagikan Indonesian Chef Association mengenai trik makan di restoran All You Can Eat. Semoga bermanfaat. Ingat, jangan kalap!

 

Referensi:

IDN Times , Kumparan , DetikFood

Share this Post

Share

Hari Chef Nasional

25 Januari diperingati sebagai Hari Chef Nasional Kepada seluruh pencinta kuliner yang tergabung da...