Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Gak suka makan pare karena rasa pahitnya? - Pare atau peria adalah tumbuhan merambat yang berasal dari Asia Tropis, terutama di daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Sering juga digunakan di hidangan Asia Tenggara. Sayuran ini memiliki permukaan penuh tonjolan dan memiliki rasa getir, itulah sebabnya banyak orang yang enggan mengonsumsi rasa pahitnya. Meskipun, banyak mineral dan vitamin yang terkandung dalam pare. Indonesian Chef Association memberikan cara bagaimana menghilangkan rasa pahit pada pare, yuk simak:

  1. Pemilihan pare

Pilih pare yang baik untuk dimasak. Anda dapat memilih pare yang berukuran kecil atau sedang, karena semakin besar ukuran pare semakin pahit pula. Pilih pare yang warnanya hijau tua, pare yang warnanya cenderung muda biasanya sudah hampir matang dan justru memiliki rasa yang lebih pahit.

  1. Remas-remas dengan garam

Caranya cukup mudah, belah pare menjadi dua bagian, lalu buang bijinya berikut selaput putih yang menempel pada daging buahnya. Iris-iris tipis daging buah pare, lalu taburi garam. Remas-remas irisan pare hingga layu. Setelah itu, bilas pare dengan air mengalir dan tiriskan.

  1. Rebus dengan daun jambu biji

Rebuslah pare yang sudah dibuang bijinya dengan daun jambu biji selama lima menit. Setelah selesai direbus, tiriskan pare dari air rebusan, lalu bilas dengan air mengalir dan tiriskan lagi.

  1. Remas-remas dengan gula pasir

Remas pare yang sudah dibuang biji dan selaputnya, iris tipis, kemudian remas dengan gula pasir hingga pare layu. Kemudian bilas pare dengan air mengalir hingga sisa gula hilang. Terakhir, tiriskan.

  1. Rebus dengan tanah liat

Ambil sedikit tanah liat, lalu rebus bersama pare yang sudah dibuang biji dan selaput putihnya. Lalu, setelah tiga menit, tiriskan pare dari air rebusan. Cuci dengan air mengalir, tiriskan kembali. Pare siap diolah sesuai selera.

  1. Masak acar pare

Anda juga bisa merebus pare dengan cuka, garam, dan gula seperti membuat acar. Teknik pickling (pickle) atau merebus pare seperti acar ini ampuh untuk menghilangkan rasa pahit dan getir. Caranya, siapkan secangkir cuka putih, lalu tuang dua sendok makan garam dan dua sendok makan gula pasir. Masukkan irisan pare yang dibuang biji dan selaput putihnya. Rebus selama dua menit. Tiriskan pare dari air rebusan, lalu cuci dengan air mengalir. Dinginkan pare, lalu olah sesuai selera.

  1. Kombinasikan pare dengan bahan makanan yang memiliki rasa asin

Pare yang sudah diproses dengan direbus atau diremas-remas sampai layu akan lebih enak jika dimasak dengan bahan makanan yang rasa cenderung asin. Misalnya, kecap asin, ikan atau kacang kalengan yang telah direndam dalam air garam.

  1. Olah dengan telur kocok

Padukan pare dengan telur. Caranya yaitu tumis pare dengan telur orak-arik, biasanya rasa getir pada pare akan berkurang. Telur dapat membantu menetralkan rasa yang telalu tajam.

Jangan benci sama pare lagi ya! Anda dapat mencoba salah satu dari kedelapan tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi:

Liputan6 , Merdeka , Kumparan

Share this Post

Share