11 Minuman Khas Indonesia dengan Santan

                Apa favoritmu? – Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi, tentu memiliki makanan dan minuman khas yang sangat beragam di tiap daerah. Jika berbicara mengenai minuman khas Indonesia yang bercita rasa manis dan gurih, kebayakan menggunakan santan. Baik santan yang dimasak terpisah atau diracik bersama dengan tambahan gula merah sebagai pelengkap. Tak heran apabila minuman bercita rasa manis dan gurih memiliki banyak peminat.

Simak yuk ulasan berikut.

  1. Es cendol dawet

Es cendol terbuat dari tepung beras dan sebagainya yang dibentuk dengan penyaring, kemudian dicampur dengan air gula dan santan. Warna hijau didapat dari pewarna makanan hijau atau perasan daun suji atau pandan. Sedangkan, bahan dasar es dawet terbuat dari tepung beras ataupun tepung beras ketan, diberi pewarna hijau berupa daun suji.

Di daerah Sunda Jawa Barat, minuman ini dikenal dengan nama cendol. Sedangkan, di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Di daerah Kabupaten Banjarnegara dikenal dengan es dawet “ayu”. Tekstur es cendol lebih kenyal, sedangkan es dawet lebih lembut dan halus.

  1. Es gempol pleret

Gempol pleret merupakan minuman tradisional khas Jawa Tengah. Minuman ini terbuat dari tepung beras. Gempol pleret disajikan dengan campuran bahan lain seperti sirup, santan dan diberi es. Wah segar dan nikmat, bukan?

  1. Es selendang mayang

Minuman ini khas Betawi. Es selendang mayang merupakan perpaduan kue kenyal warna-warni yang terbuat dari tepung hunkwe yang disiram dengan kuah serta saus gula merah. Memiliki cita rasa yang manis dan sedikit gurih.

  1. Es pisang ijo

Siapa yang tidak kenal es pisang ijo? Es ini berasal dari Sulawesi Selatan, berbahan dasar pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, kemudian dikukus hingga matang. Minuman ini disajikan dengan sirup cocopandan, es batu, serta bubur sumsum yang lembut.

  1. Es kacang merah

Biasanya, kacang merah dibuat sebagai lauk masakan, saat diolah menjadi minuman pun rasanya juga enak loh! Es kacang merah bisa dijadikan sebagai sajian penutup.

  1. Es bongko

Es bongko berasal dari Pontianak. Terbuat dari adonan tepung hunkwe yang dicampur air endapan daun pandan dan daun suji. Lalu, dimasak matang dan didiamkan hingga adonan mengeras, setelah itu dipotong-potong. Biasa disajikan dengan kuah santan, kuah gula merah, dan es batu. Sangat cocok dinikmati saat cuaca panas.

  1. Es Pallu butung

Berasal dari Sulawesi Selatan, jika dilihat sekilas es ini mirip dengan es pisang ijo. Tetapi, es pallu butung tidak menggunakan pisang yang dibalut adonan tepung, hanya menggunakan pisang raja matang utuh. Disajikan dengan bubur sumsum, potongan pisang raja matang, sirup, dan es batu.

  1. Es goyobod

Es goyobod adalah es khas Garut, Jawa Barat. Biasa disajikan dalam gelas besar atau mangkuk kecil. Minuman ini berbasis santan dan mirip dengan es campur. Terbuat dari es serut, santan, gula cair, dan sari pati kacang hijau yang dibekukan yang dikenal sebagai hunkwe. Bahan lainnya termasuk alpukat dan kelapa yang diparut.

  1. Bajigur

Masih minuman khas Jawa Barat, iya bajigur. Bajigur merupakan minuman tradisional dengan rasa yang menyergarkan. Bahan utamanya yaitu gula aren dan santan. Ditambah dengan berbagai rempah seperti jahe, garam, dan vanili bubuk.

  1. Es teler

Es teler merupakan minuman yang berbahan baku santan. Dalam satu porsi es teler terdapat serutan alpukat, serutan kelapa muda, potongan Nangka, susu kental manis, sirup, santan, dan es serut. Minuman ini merupakan minuman khas yang berasal dari Jawa Tengah.

  1. Es lontrong

Es lontrong berisi cincau hitam, kacang hijau, es serut yang diguyur dengan air santan dan sirup pandan berwarna merah menggoda. Es lontrong termasuk minuman khas dari Slawi atau Tegal, Jawa Tengah.

                Nah, itulah 11 minuman khas Indonesia berbahan santan. Minuman apa yang menjadi favoritmu?

Referensi:

IDN Times

Foto:

Kompas, IDN Times, Detik Food, Yummy, Suara

Share this Post

Share