Cokelat yang Cocok untuk Praline

            Jenis cokelat yang mana ya? – Praline yaitu bentuk permen cokelat yang terbuat dari cokelat, mentega, yang disajikan dalam beraneka ragam bentuk, isinya seperti kacang, buah, dsb. Praline menjadi istimewa karena termasuk cokelat pertama dengan filling didalamnya. Membuat praline sebenarnya tidak susah, jenis cokelat yang digunakan yaitu cokelat compound. Tetapi, jika ingin lebih enak dan sehat, bisa menggunakan cokelat couverture.

            Jika membuat praline dari couverture harus melakukan prosedur tempering. Bila couverture tidak di-tempered, maka cokelatnya tidak shiny dan sulit mengeras. Proses tempering yaitu setelah cokelat dilelehkan, harus didinginkan dengan cepat, lalu dilelehkan lagi baru bisa digunakan.

            Proses mendinginkan bisa menggunakan meja yang dingin seperti granit atau stainless steel dan dikerjakan di ruangan yang dingin atau meletakkan mangkuk stainless di tengah-tengah es batu dan masukkan cokelat lelehnya ke mangkuk stainless steel yang sudah dingin, lalu diaduk-aduk.

            Walaupun terbilang cukup sulit jika menggunakan cokelat couverture, tetapi rasa yang dihasilkan akan lebih enak dibandingkan menggunakan compound. Jika tidak melakukan tempering, cokelat leleh tidak bisa mengeras sempurna, sehingga akan sulit dikeluarkan dari cetakannya. Bisa diakali dengan membuat “kulit” praline dengan cokelat compound.

            Setelah compound dilelehkan, masukkan ke cetakan, goyang-goyang sedikit agar permukaan cetakan tertutup dengan compound. Tuang sisa compound leleh ke wadah cokelat leleh. Tunggu hingga compound di cetakan mengering. Jadi, compound hanya sebagai “kulit” praline.

            Lelehkan couverture, tuang di cetakan compound yang sudah mengering. Jika ingin ditambahkan filling, tuang setengah couverture lelehnya dulu lalu masukkan fillingnya. Tuang lagi sisa couverture hingga batas cetakan. Tunggu hingga dingin.

            Dengan lapisan compound di bagian yang terkena cetakan, maka cokelat praline dengan mudah bisa dikeluarkan. Rasanya akan tetap enak, karena sebagian besar dari praline terdiri dari couverture.

Referensi:

Cakefever , Wikipedia , Unsplash

Share this Post

Share