Yuk Kenali Kue Apang

                Ada yang tahu ini kue apa? – Salam sahabat kuliner nusantara. Salah satu jajanan khas Indonesia, kue apang. Kue apang merupakan kue merekah yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kue ini memiliki aroma yang wangi. Rasanya legit dan manis, karena penggunaan gula merah sebagai bahan utama. Kue ini terbuat dari tepung beras. Teksturnya empuk dan biasa disajikan dengan parutan kelapa di atasnya.

                Dulunya, kue apang Bugis ini biasa ditemui pada upacara penting yang diselenggarakan di perkampungan Bugis. Pada awalnya, dijadikan sesajian dalam prosesi sakral. Kue apang dikenal di tahun 1960-an.

                Filosofi apang cukup mendalam, yaitu harapan akan kehidupan yang tentram dan aman. Salah satu ritual Bugis adalah Menre’ Bola (masuk rumah). Dalam acara ini, apang hadir menemani tuan rumah dan tamu yang datang. Acara ini dipercaya untuk meminta perlindungan dan keselamatan selama rumah tersebut dihuni agar terhindar dari gangguan roh jahat. Namun, kini apang Bugis bisa dinikmati kapanpun dan dimanapun, hampir ada di seluruh pinggir jalan kota Makassar.

                Sudah tahu sejarah kue apang kan? Semoga artikel ini bemanfaat.

Share this Post

Share