Yuk Kenali 7 Jenis Saus Pasta

            Tidak hanya saus bologne saja – Siapa sih yang gak tergoda dengan kelezatan sajian khas Italia ini? Pasta merupakan salah satu sajian khas Italia yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Biasa dipadukan dengan beraneka macam saus, mampu membuat siapa saja tergiur. Ternyata ada beberapa jenis saus yang sering dikombinasikan untuk menambah kelezatan pasta. Apa saja? Yuk kenali.

  1. Bolognese

Saus pasta yang paling populer nih! Mudah sekali ditemukan di Indonesia. Saus ini berasal dari kota Bologna, Italia. Memiliki cita rasa gurih hasil perpaduan keju dan daging. Saus ini terbuat dari cacahan daging sapi, tomat, bawang bombay, rempah-rempah, dan keju parmesan. For your information¸ saus bolognese sebenarnya saus marinara yang diberi tambahan daging cincang. Bahan utama saus ini adalah daging cincang, bukan tomat.

  1. Marinara

Saus ini terbuat dari campuran tomat segar, minyak olive, bawang putih, dan daun herbal seperti basil, daun mint atau peterseli. Cara membuatnya cukup mudah, tumis tomat dengan bawang putih, daun herbal, minyak olive, dan rempah-rempah. Lalu, aduk hingga tomat hancur sempurna dan mengental. Hampir mirip dengan bolognese, bukan? Hanya saja, saus marinara tidak menggunakan campuran daging cincang. Saus marinara sering ditambahkan dengan seafood, seperti cumi-cumi, udang, atau kerang.

Baca juga: Macam-macam Pasta yang Wajib Diketahui

  1. Pesto

Pesto dapat disebut saus pasta yang paling sehat, karena tidak melalui proses pemasakan sama sekali. Memiliki warna hijau dan wangi khas. Saus ini terbuat dari daun basil segar yang ditumbuk dengan minyak zaitun hingga memiliki tesktur seperti bubur. Ditambah bawang putih, dan keju parmesan.

  1. Aglio Olio

Saus pasta yang paling sederhana dibanding saus pasta lainnya. Terbuat dari minyak zaitun, bawang putih, daun parsley, dan keju parmesan. Aglio olio memiliki cita rasa gurih dan asin. Saus ini termasuk non creamy. Dilansir dari Nibble, kata aglio olio diambil dari bahasa Italia, “aglio” berarti bawang putih dan “olio” berarti olive oil atau minyak zaitun. Pasta yang dihidangkan dengan saus ini, akan dimasak dulu dengan tumisan bawang putih cincang, parsley, dan minyak zaitun.

  1. Alfredo

Saus aglio olio bersifat non creamy, sedangkan alfredo bersifat creamy. Berbahan dasar butter dan krim kental. Rasa diperoleh dari tambahan garam dan lada. Diatasnya diberi parutan keju parmesan yang meleleh.

Baca juga: 6 Manfaat Air Rebusan Pasta

  1. Carbonara

Saus ini bersifat creamy dan gurih dengan cita rasa keju yang kuat. Carbonara terbuat dari hard cheese (pecorino romano atau parmesan atau mix keduanya), guanciale (pancetta), telur, dan black pepper. Lalu, diberi potongan daging asap.

  1. Mushroom cream sauce

Saus ini terbuat dari krim yang dimasak dengan jamur kancing hingga mengental. Bahan lainnya yaitu, mentega, bawang putih, parsley, dan rempah-rempah aromatik.

Sudah tahu beda dari masing-masing saus pasta? Saus mana yang menjadi favorit? Selamat mencoba!

Referensi:

Resepkoki , Bobo , IDNTimes , Kumparan

Share this Post

Share