Yuk kenali Lalampa Toboli

              Sudah pernah mencicipi lalampa toboli? – Lalampa toboli merupakan makanan khas Palu, Sulawesi Tengah. Salah satu makanan yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Palu.

              Makanan ini mirip lemper, tetapi lemper umumnya dikukus. Sedangkan, lalampa toboli ini dibakar. Berbahan dasar beras ketan yang berisi suwiran daging ikan laut, seperti ikan tuna yang telah dibumbui, lalu dibungkus berbentuk lonjong dengan daun pisang.

              Memiliki cita rasa yang enak dan gurih, karena dibakar di atas bara api tempurung kelapa. Proses pembuatannya pun cukup mudah. Pertama-tama, beras ketan atau beras pulut dicuci bersih dilanjutkan dengan memasaknya hingga matang. Langkah selanjutnya, siapkan santan kelapa, lalu dimasak. Kemudian beras ketan yang telah masak dicampur dengan santan di dalam wadah kemudian diaduk hingga rata.

              Langkah selanjutnya, ikan yang telah dibumbui dimasukkan ke dalam beras kentan yang telah dibentuk bulat lonjong. Lalu beras ketan yang sudah dibentuk dibalut dengan dua lapis daun pisang dan pada ujung Lalampa yang sudah jadi, diberi pengait lidi agar terlihat rapi.

              Jika kamu berkunjung ke Sulawesi Tengah, jangan lupa mampir untuk mencicipi lalampa toboli yang enak dan lezat ini.

              Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat. Yuk lestarikan kuliner Indonesia!

 

Referensi:

Kumparan 

Share this Post

Share

Tips Merebus Telur

                Siapa yan...