Macam-macam Pasta yang Wajib Diketahui

       Suka mengonsumsi pasta jenis apa? – Pasta merupakan makanan olahan khas Italia. Terbuat dari campuran tepung terigu, olive oil, telur, dan garam yang membentuk adonan dan dapat dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dibuat dari tepung terigu semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga, sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Macam-macam pasta itu banyak sekali loh, di Italia sendiri terdapat lebih dari 650 jenis pasta. Ini beberapa macam pasta yang wajib diketahui:

  1. Spageti

Siapa yang tidak tahu dengan pasta ini? Spageti berbentuk panjang seperti lidi. Pada umumnya dimasak selama 9-12 menit dalam air mendidih al dente, artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah, atau tidak terlalu matang. Biasanya dihidangkan dengan bolognese, saus daging cincang lalu ditaburi parutan keju parmesan.

  1. Tagliatelle

Tagliatelle adalah jenis pasta klasik, berbentuk pipih dan mirip dengan fettucine. Tetapi, tagliatelle berukuran lebih kecil daripada fettucine.

  1. Spaghettini

Pasta ini mirip dengan spageti. Perbedaannya pada ukuran lebih kecil dan tipis dibandingkan dengan spageti.

  1. Fettucine

Fettucine dalam bahasa Italia artinya ‘pita kecil’, pasta ini populer di masakan Romawi. Memiliki bentuk yang sama seperti kwetiau. Berukuran lebih besar dibandingkan linguine. Fettucine memiliki ukuran tebal dan datar.

  1. Linguine

Pasta ini berukuran lebih besari dari spageti dan pipih seperti kwetiau, tetapi lebih kecil dari fettucine. Arti linguine yaitu ‘lidah kecil’. Nama lain dari linguine yaitu trenette atau bavette. Linguine berasal dari Genoa dan Liguria wilayah Italia. Biasa disajikan dengan aneka seafood atau pesto.

  1. Lasagna

Lasagna merupakan pasta yang dipanggang di oven dan termasuk makanan tradisional Italia. Pasta ini memiliki bentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27 cm dan lebar 5 cm yang biasa diberi isi dan disusun hingga 7 lapis. Isiannya yaitu sayur-sayuran, ayam, daging, seafood, dsb.

  1. Vermicelli

Pasta ini mirip dengan spageti, tetapi vermicelli berukuran lebih kecil dan pendek. Biasa disajikan dengan hidangan laut dan bisa juga dijadikan isi sup. Arti kata vermicelli yaitu ‘cacing kecil’.

  1. Fusilli

Fussili merupakan salah satu pasta yang berbentuk spiral. Fusilli biasa diolah dengan saus krim dan kacang polong. Fussili biasa dihidangkan dengan daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dsb.

  1. Rotini

Memiliki bentuk yang mirip dengan fusilli, tetapi lebih spiral dan lebih tebal. Biasa diolah dengan daging, saus keju, dan sayuran.

  1. Cavatelli

Cavatelli adalah pasta kerang kecil yang terlihat seperti miniatur roti hotdog. Biasa disebut juga dengan orecchie.

Dari ratusan jenis pasta, 10 yang telah disebutkan di atas termasuk pasta yang paling sering digunakan. Mana yang sering kamu masak atau makan?

Referensi:

Brilio , Bobo

Share this Post

Share

Yuk Kenali Kue Bandros

                Bandros,...