World Egg Day

                Ternyata ada loh hari telur sedunia! – Hari Telur Sedunia (World Egg Day) merupakan kesempatan unik untuk membantu meningkatkan kesadaran pentingnya telur bagi kehidupan manusia. Hari ini dibentuk di Konferensi IEC Vienna pada tahun 1996 dan memutuskan untuk memperingati Hari Telur Sedunia pada hari Jumat di minggu kedua pada bulan Oktober. Di tahun ini, diperingati pada tanggal 9 Oktober 2020.

                Telur termasuk sumber protein tinggi dan mengandung gizi penting bagi tubuh. Protein dalam telur penting untuk perkembangan otak dan otot. Telur juga merupakan sumber kolin yang penting untuk meningkatkan daya ingat dan perkembangan otak.

                Selain itu, telur mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, sering disebut juga sebagai ‘pil vitamin’ alami dan untuk alasan yang baik. Telur mengandung 14 nutrisi penting termasuk vitamin A, B, dan E, serta folar, zat besi, dan seng.

                Tak hanya memiliki banyak manfaat substansial yang menjadikan telur sebagai pilihan makanan yang baik untuk mendukung pola makan sehat, telur juga memiliki kredensial keberlanjutan yang baik untuk memberi makan populasi global yang sedang tumbuh.

                Telur dianggap sumber protein dengan dampak lingkungan yang rendah, dikarenakan efisiensi baru dan komitmen keberlanjutan yang baik di peternakan atau pun di rantai pasokan telur. Mereka  membutuhkan sedikit air; jejak telur adalah 29 liter per gram protein, sebagai perbandingan kacang-kacangan, contoh sumber protein nabati, memiliki jejak 139 liter per gram.

                Data menunjukkan bahwa pada tahun 2010, jejak lingkungan dari satu kilogram telur yang diproduksi di AS telah berkurang 65% dibandingkan dengan tahun 1960, dengan emisi gas rumah kaca berkurang sebesar 71%. Sementara itu, di Canada jejak lingkungan dari rantai pasokan produksi telur menurun hampir 50% antara tahun 1962 dan 2012, sedangkan produksi telur meningkat sebesar 50%.

                Sebuah studi menunjukkan bahwa dampak lingkungan dari tiga kelompok orang, diantaranya omnivora, ovo-lacto-vegetarian, dan vegan, dan tidak menemukan perbedaan dampak lingkungan antara vegan dan ovo-lacto-vegetarian. Ketika dikombinasikan dengan kualitas nutrisi yang signifikan dari telur, konsumsi telur harus dipertimbangkan baik untuk kesehatan manusia dan kesehatan planet. Kelompok yang masih mengonsumsi telur disebut ovo vegetarian, ovo-lacto-vegetarian yaitu kelompok yang masih mengonsumsi telur, susu, dan produk turunan susu.

                Variasi nutrisi yang penting dalam telur bak bagi tubuh, terdapat berbagai vitamin dan mineral esensial, serta menawarkan protein dengan kualitas terbaik. Serta dengan dampak lingkungan yang rendah, telur merupakan pasangan yang sempurna untuk diet yang terjangkau, sehat, dan berkelanjutan saat ini - saat kita melihat ke masa depan.

                Ingin hidup sehat dan berdampak baik baik bagi lingkungan dan tubuh? Konsumsi telur. Tetapi, jangan berlebihan juga ya! Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat. Happy World Egg Day!

Referensi:

InternationalEgg, Suara

Share this Post

Share