15 Makanan Khas Maluku yang Wajib Kamu Tahu!

            Sudah pernah nyicip? - Maluku merupakan provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku, Indonesia. Provinsi ini penghasil pala, fuli, cengkih, dan mutiara. Pala dan Fuli dengan mudah didapat dari Banda Kepulauan, Cengkih dengan mudah ditemui di negeri-negeri di Ambon, Pulau-Pulau Lease (Saparua, Haruku & Nusa laut) dan Nusa Ina serta Mutiara dihasilkan dalam jumlah yang cukup besar di Kota Dobo, Kepulauan Aru.

            Berdasarkan letak geografisnya yang dikelilingi oleh wilayah perairan, maka tidak heran apabila banyak makanan khas Maluku yang berbahan dasar ikan. Makanan pokoknya pun sagu, tidak mengonsumsi nasi seperti kita. Berikut makanan-makanan khas Maluku yang berhasil Indonesian Chef Association ulas:

  1. Papeda

Papeda berbahan dasar sagu. Makanan ini merupakan bubur sagu dan sering dihidangkan bersama ikan tongkol atau ikan mubara yang dibumbui. Teksturnya lengket seperti lem dan rasanya hambar. Cara mengonsumsinya unik, yaitu dengan menyeruput langsung dari wadahnya.

  1. Nasi lapola

Makanan khas Maluku ini berbahan dasar beras yang dimasak dengan api kecil hingga setengah matang lalu dicampur dengan kacang tolo yang direbus, kelapa parut, dan garam. Lalu, campuran tersebut dikukus hingga matang dan siap dikonsumsi.

  1. Ikan kuah pala banda

Ikan kuah pala banda merupakan makanan khas Maluku yang berasal dari Kepulauan Banda yang sudah terkenal akan kelezatannya. Hidangan ini dulunya dikenal sebagai makanan para petinggi Belanda yang datang ke Indonesia.

  1. Ikan komu asar

Makanan khas ini berbahan baku ikan cakalang. Cara memasaknya cukup unik, ikan cakalang ditusuk dengan bambu lalu diasapi selama kurang lebih satu jam. Cocok dihidangkan dengan nasi dan sambal colo-colo khas Maluku.

  1. Talam sagu bakar

Rasa talam sagu bakar yaitu manis yang khas campuran dari kenari dan kacang brenebon. Cocok dijadikan camilan di sore hari.

  1. Sambal colo-colo

Sambal khas ini terkenal sangat pedas. Cocok untuk kamu pencinta pedas. Terbuat dari campuran tomat muda segar, bawang merah, dan cabe rawit yang disiram dengan perasan jeruk nipis tanpa diulek sama sekali. Lebih nikmat lagi apabila ditambahkan daun kemangi, irirsan kenari mentah, dan kecap.

  1. Sagu woku komo-komo

Hidangan yang sering dijadikan sebagai lauk ini berasal dari sagu yang direndam air dingin dan dibumbui, lalu dicampur dengan jeroan ikan dan santan kelapa cair untuk dibungkus dengan daun woka. Bungkusan tersebut dipanggang hingga daun woka kering, baru dapat dimakan.

  1. Gohu ikan

Terbuat dari ikan tuna yang sering disebut dengan sashimi Ternate. Sensai memakan gohu ikan, membawa ke atmosfer layaknya sedang mengonsumsi sashimi khas Jepang.

  1. Kopi sibu-sibu

Kopi robusta ini dihaluskan menggunakan cara tradisional. Rasanya khas dicampur dengan bubuk cengkih halus dan taburan biji ketapang muda. Jangan ngaku pencinta kopi apabila belum mencicipi kopi sibu-sibu ini.

  1. Nasi jaha

Makanan khas Maluku ini berbahan dasar campuran beras, beras ketan, dan santan kelapa. Rasanya sangat gurih. Jika dilihat sekilas, mirip dengan lemper khas Jawa.

  1. Lapis palaro

Lapis palaro merupakan hidangan yang berasal dari daging sapi dengan campuran bumb rempah. Cara memasaknya cukup mudah, daging sapi yang telah diiris tipis, lalu dilarutkan dengan air, garam, gula pasir, dan tepung maizena. Bumbu rempah terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, kencur, jahe, pala, jinten, cengkih, dan ketumbar. Irisan daging sapi tadi digoreng terlebih dahulu hingga kuning kecoklatan, kemudian air sisa rebusan daging dimasak hingga mendidih dan dicampur dengan larutan tepung maizena. Aduk hingga meletup dan sajikan dengan disiram saus dari tepung maizena tersebut.

  1. Kasbi komplet

Kasbi komplet terbuat dari kasbi atau singkong. Rasa dari hidangan ini yaitu hambar seperti papeda, sering disajikan bersama tumis kangkung atau ikan bakar bumbu rica, dan juga kohu-kohu. Disajikan dengan sambal colo-colo juga enak.

  1. Kohu-kohu

Makanan khas ini sekilas mirip dengan urap khas Sunda. Perbedaannya terletak pada sayuran yang dipakai yaitu kacang panjang, daun kemangi, dan tauge. Kohu-kohu biasa dikonsumsi dengan parutan kelapa, irisan bawang merah, ikan cakalang asap suwir, dan perasan lemon cina.

  1. Sagu lempeng

Sagu lempeng sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Memiliki rasa yang gurih, tapi ada juga yang tawar. Teksturnya cukup keras dan terbuat dari tepung sagu yang dicetak dalam cetakan. Warnanya kecoklatan, ada juga yang berwarna merah muda. Makanan khas in cocok dijadikan sebagai teman minum teh.

  1. Suami

Banyak wisatawan yang tertarik dengan makanan khas ini, karena memiliki nama yang unik. Suami berasal dari kota Ambon, terbuat dari ubi yang diparut kemudian diperas dan dikukus. Suami ada tiga jenis diantaranya yaitu, memakai gula, memakai kelapa setengah tua, atau suami original tanpa ada campuran apapun.

Itulah 15 makanan khas Maluku yang wajib kamu ketahui! Bagaimana? Tertarik mencobanya? Siapkan budget liburan mu mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat.

Referensi:

TempatWisataIndonesia , Liputan6

Share this Post

Share