Jajanan Nusantara yang Ditabur Kelapa Parut

            Susah menemukannya? – Indonesia mempunyai beraneka ragam jajanan tradisional, dan di tiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Seiring kemajuannya zaman, jajanan-jajanan ini cukup susah ditemukan. Tetapi, jika Anda mencari di pasar tradisional, ada beberapa pedagang yang masih menjual. Beberapa jajanan nusantara berikut ini diberi taburan kelapa parut di atasnya, apa saja? Yuk simak.

  1. Klepon

Klepon berbentuk bulat kecil berwarna hijau. Di dalamnya diisi gula jawa yang akan leleh ketika digigit. Rasa gurih dan manisnya semakin lezat ketika diberi taburan kelapa parut di atasnya.

  1. Getuk

Jajanan ini berasal dari singkong yang dikukus, memiliki rasa manis dan gurih. Getuk dibuat menarik dengan beraneka warna seperti kuning, hijau, coklat, dan merah muda. Tenang, warna ini berasal dari pewarna makanan yang aman bagi kesehatan. Taburan kelapa parut di atasnya semakin menambah cita rasa getuk.

  1. Kue putu

Cara memasaknya menggunakan alat bantu yaitu bambu, kue putu ini jajanan yang nikmat dimakan pada sore hari. Kue putu memiliki isian gula jawa, jajanan ini berbahan dasar tepung beras yang dikukus. Kue putu biasanya berwarna putih atau hijau.

  1. Kue putri noong

Berbahan dasar singkong dan pisang yang dimasak dengan cara dikukus. Memiliki warna selang-seling hijau dan merah, dengan potongan pisang di bagian tengah dan ditaburi kelapa parut. Jajanan ini terkenal di kota Bandung.

  1. Cenil

Cenil memiliki tekstur yang kenyal dengan taburan kelapa parut di atasnya. Terbuat dari campuran tepung terigu dan kanji. Rasanya manis dan gurih. Warnanya bermacam yaitu hijau, kuning, hijau, coklat, dsb.

  1. Jaje laklak

Jajanan pasar ini berasal dari Bali, tidak hanya berwarna hijau. Adonan jaje laklak terbuat dari tepung beras dicampur dengan santan dan daun suji (pandan), lalu dimasak ke dalam cetakan kue yang berbentuk lingkaran. Disajikan dengan saus yang terbuat dari gula merah kental lalu ditaburi kelapa parut.

  1. Kue awuk-awuk

Kue awuk-awuk terbuat dari tepung ketan yang memiliki rasa manis. Taburan kelapa di atasnya biasa diberi pewarna makanan yang membuat jajanan ini semakn menarik.

  1. Lupis

Lupis berwarna hijau, biasa disajikan dengan taburan kelapa parut dan disiram dengan saus gula jawa cair. Memiliki cita rasa yang manis nan gurih.

  1. Grontol

Hanya melihat dari bentuknya, sudah dapat ditebak bahwa jajanan ini berbahan dasar jagung. Biasa disajikan dengan taburan gula pasir dan parutan kelapa. For your information, ternyata grontol pernah menjadi makanan pokok masyarakat Jawa pada zaman penjajahan.

  1. Gatot

Jajanan ini mudah ditemui di Daerah Istimewa Yogyakarta. Memiliki wujud dan bentuknya berwarna gelap, membuatnya tidak menarik untuk disantap. Paduan rasa gurih dan manis kelapa parut, gula pasir, ditambah dengan rasa alami dari fermentasi ketela menjadi salah satu daya tarik jajanan ini.

  1. Tiwul

Konon katanya, tiwul pernah menjadi makanan pokok masyarakat di Gunungkidul. Tiwul berbahan dasar ketela pohon yang diatasnya diberi taburan kelapa parut.

Apakah setelah mengetahui 11 jajanan nusantara yang ditaburi kelapa parut di atas, ingin berburu mencarinya? Atau membuat sendiri? Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat dan membuat kita semua semakin melestarikan kuliner khas nusantara yang merupakan salah satu Misi ICA.

Referensi:

Okezone  

Share this Post

Share

Tren Produk Bakery

Dunia kuliner juga memiliki tren sendiri loh! – Dunia kuliner memang tidak pernah ada habisnya...