Tips Agar Teflon Lebih Awet

            Tidak bisa asal dalam merawat teflon! – Wajan dan panci lengket atau biasa disebut teflon sangat berguna bagi para penggemar masak dan ibu rumah tangga. Peralatan dapur ini sangat praktis untuk berbagai keperluan memasak, seperti menggoreng hingga memanggang. Anda tak perlu khawatir makanan lengket pada permukaannya.

            Tetapi, jika perawatannya salah, lapisan anti lengket pada teflon akan murah rusak, tergores, atau hilang. Cara membersihkannya harus benar, bagaimana? Yuk simak.

  1. Olesi minyak

Pulihkan permukaan teflon dengan mengoleskan sedikit minyak sayur atau minyak goreng. Kemudian, lap dengan lap lembut hingga kering. Bersihkan juga sisa minyak dengan menggunakan tisu atau paper towel.

  1. Gunakan baking soda

Caranya, campur baking soda dengan air dengan perbandingan 1:1. Usapkan pada permukan wajan dengan menggunakan spons atau sikat lembut non logam. Bersihkan bagian sisanya untuk membersihkan sisa minyak dan makanan yang menempel. Lalu, bilas dengan air kemudian keringkan.

  1. Jangan gunakan dishwater

Beberapa produk berlabel ‘dishwater save’, tapi sebaiknya jangan gunakan dishwater untuk mencucinya. Suhu panas dan deterjen dapat merusak lapisan anti lengket pada wajan.

  1. Jangan terlalu sering menggunakan sabun pembersih

Jika terlalu sering dicuci menggunakan sabun pembersih, akan mengikis lapisan di permukan teflon. Sabun pembersih mengandung baking soda. Jadi, jangan terlalu sering dipakai untuk membersihkan teflon. Teflon yang jarang digunakan, untuk membersihkannya cukup siram dengan air panas. Kemudian, lap dengan tisu atau serbet.

  1. Hindari penggunaan alat berbahan logam

Jangan pernah menggunakan spatula berbahan logam, sebaiknya gunakan spatula atau pengaduk yang terbuat dari kayu halus untuk menghindari goresan pada lapisan anti lengket.

  1. Perhatikan api

Sebaiknya, memasak dengan api kecil atau sedang, karena teflon ini dirancang hanya untuk memasak pada suhu panas rendah hingga sedekah.

  1. Hindari menyiram teflon saat panas

Jika suhu teflon masih panas, jangan terburu-buru menyiramnya dengan air. Diamkan terlebih dahulu hingga dingin baru kemudian cuci sampai bersih.

  1. Gunakan spons

Gunakan spons pencuci piring yang lembut agar tidak menimbulkan goresan pada lapisan anti lengket. Jika terjadi goresan, akan susah hilang.

  1. Hindari menumpuk wajan dengan alat masak lain

Jangan menumpuk alat masak teflon dengan peralatan masak lainnya yang terbuat dari logam. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kemungkinan tergores. Cukup dengan menggantung wajan agar lebih aman.

  1. Ganti wajan yang sudah bergores

Ganti wajan teflon yang sudah banyak goresan. Jangan menggunakan teflon yang sudah banyak goresan. Goresan pada lapisan anti lengket berisiko serpihan anti lengketnya mengelupas dan masuk ke dalam makanan yang sedang dimasak.

Jika telaten dan benar cara merawatnya, wajan teflon akan awet hingga 1,2 sampai 2 tahun. Jangan salah lagi ya!

Referensi:

Kompas , Fimela , Jitunews , Endeustv

 

 

Share this Post

Share

Cara Baru Makan Nanas

            Ada-ada saja ya? – Beberapa...