10 Manfaat Pepaya yang Jarang Diketahui

            Pepaya (Carica papaya L.) atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. Papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica.

Pepaya memiliki kalori yang rendah tetapi banyak mengandung mineral dan vitamin. Buah yang tergolong murah ini mengandung banyak nutrisi, bahkan kaya akan vitamin C. Dalam satu buah pepaya mengandung 235 mg vitamin  C. Jumlah tersebut 2-3 kali lebih banyak dari rekomendasi harian yang disarankan. Buah ini juga mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Apa saja manfaat buah pepaya lainnya?

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin A dan vitamin C dalam pepaya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Rutin mengonsumsi pepaya, akan mencipakan lapisan pelindung terhadap bakteri dan virus yang dapat menyebabkan flu, batuk, dan pilek.

  1. Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat arteri. Bahkan dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Buah pepaya mampu mencegah terjadinya pembekuan darah tersebut, karena buah ini mengandug zat yang dikenal sebagai fibrin dapat meningkatkan aliran darah.

  1. Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat, kalium, dan vitamin dalam pepaya dapat mencegah penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Pepaya mengandung serat yang tinggi yang mampu memperlancar sistem pencernaan. Mengonsumsi buah pepaya setiap hari, dapat memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

  1. Kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh

Pepaya adalah sumber vitamin yang sangat baik dengan sifat antioksidan seperti vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. Buah ini juga memberikan vtamin B kompleks dan mineral seperti potasium, tembaga, dan magnesium. Vitamin dan mineral dapat regenerasi sel dan membantu mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas,

  1. Mengurangi peradangan

Buah ini mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek anti inflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Enzim ini juga mengobati peradangan, seperti edema.

  1. Memperbaiki daya tahan tubuh

Pepaya mengandung vitamin C sebesar 33% lebih banyak dibandingkan jeruk. Inilah mengapa, pepaya dapat membantu memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Pepaya juga dapat menguatkan kekebalan tubuh.

  1. Sebagai cadangan energi

Jika Anda memiliki banyak aktivitas, buah pepaya dapat membuat Anda tidak mudah lelah. Buah ini juga mampu membantu Anda untuk tidur nyenyak setiap malam dan tidak mengalami insomnia.

  1. Menyehatkan tulang

Siapa sangka bahwa buah pepaya juga mengandung vitamin K? Iya, buah pepaya mengandung vitamin K untuk kesehatan tulang. Pepaya dapat ‘melakukan’ tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi ekskresi kalsium.

  1. Membuat kulit mulus

Kabar baik untuk kaum hawa. Buah pepaya mengandung vitamin E yang tinggi. Oleh karena itu, banyak perusahaan kosmetik yang memanfaatkan knadungan pepaya untuk membuat produk anti-aging alias pencegah penuaan. Kandungan vitamin E di dalamnya, mampu mencegah dan mengobati flek-flek hitam sehingga kulit semakin mulus dan kencang.

Faktanya, satu buah pepaya ukuran medium panjang 5 inci (12,7 cm) dan diameter 3 inci (7,6 cm) mengandung 119 kalori, kurang dari 0,5 gr lemak, 24 gr gula alami, dan 5,5 gr serat. Itulah 10 manfaat buah pepaya yang jarang diketahui orang awam. Bagaimana? Sudah mengonsumsi pepaya hari ini?

Referensi:

DetikFood , DokterSehat , Liputan6 , Alodokter

Share this Post

Share

Trik Menghafal Resep

            Sering kesusahan menghafal atau l...