9 Hidangan Khas Natal di Indonesia

                Apa saja hidangan pas Natal di keluarga Anda? – Merayakan Natal bersama orang terkasih merupkan sebuah anugerah. Hidangan khas Natal di luar negeri yaitu kalkun panggang (roast turkey) dan kue jahe (christmas gingerbread). Nah, bagaimana dengan hari Natal di Indonesia? Apa saja hidangan khas tiap daerah di Indonesia?

  1. Brenebon

Brenebon merupakan sup iga dengan kacang merah. Hidangan ini berasal dari Manado. Iga yang direbus dengan berbagai bumbu dan rempah yang ditambahkan kacang merah. Hidangan ini juga mudah dibuat.

  1. Babi panggang Karo

Menu khas dari tanah Batak terutama Batak Karo. Babi dipanggang dengan berbagai bumbu. Hidangan ini disajikan dengan sayur singkong yang ditumbuk dan cabai rawit hijau. Bagian terenak adalah perutnya dengan kulit yang renyah.

  1. Ikan bumbu arsik

Ikan bumbu arsik berasal dari Sumatera Utara. Diolah dengan cara memasak ikan yang sudah diisi dengan bumbu kemudian dipanggang beralaskan bumbu dan beragam daun herbal.

  1. Kue bagea

Kue ini berasal dari Nusa Tenggara Timur, teksturnya sedikit keras dan terbuat dari tepung terigu. Cocok dikonsumsi bersama teh atau kopi. Kue bagea berbentuk bulat dengan warna coklat pucak. Terbuat dari sagu ditambahkan dengan gula halus, biji cincang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya, ditambah dengan kacang cincang halus, bumbu kayu manis, dan bubuk cengkeh.

  1. Ikan kuah kuning

Hidangan ini berasal dari Ambon. Salah satu makanan khas Natal yang wajib dicoba. Dimasak dengan bumbu rempah-rempah Indonesia, biasa disajikan edan dan disantap dengan papeda. Ikan yang dimasak biasanya ikan tuna atau ikan muba dengan kunyit dan kapur. Bisa bayangin segar dan nikmatnya ikan kuah kuning khas Ambon ini?

  1. Ayam rica-rica

Ayam rica-rica khas Natal Manado, Sulawesi Utara. Kata rica berasal dari bahasa Manado yang artinya pedas atau cabai. Ayam rica-rica biasa disajikan dengan nasi ditaburi bawang goreng dan dilengkapi dengan mentimun. Cocok untuk hidangan Natal. Rasanya pedas membuatnya dinanti di meja makan saat Natal.

  1. Klapertart

Hidangan manis khas Natal ini mudah ditemui di Manado. Cocok untuk menjadi penutup makanan yang menyenangkan. Berbahan dasar kelapa. Tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Kue ini pas untuk disajikan saat kumpul keluarga di hari Natal.

  1. Lampet

Lampet (kadang dibaca kue lappet) berasal dari daerah Tapanuli. Salah satu hidangan khas di hari Natal. Lampet merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan campuran kepala parut dan gula merah yang dibungkus daun pisang dengan bentuk menyerupai limas.

  1. Nastar

Ternyata nastar tidak hanya disajikan saat hari raya Idul Fitri saja, tersedia juga saat hari Natal. Umat kristiani di Indonesia nampaknya gemar menyuguhkan kue kering berisi selai nanas kepada tamu yang berkunjung saat Natal.

Itulah 9 hidangan khas Natal di Indonesia. Adakah yang tersaji di atas meja makan keluarga Anda saat Natal?

Referensi:

BacaTerus , Phinemo , IDNTimes , ParentingOrami 

 

Share this Post

Share