7 Kudapan Manis Berbahan Telur

                Biasa mengolah telur menjadi apa saja? – Telur termasuk bahan makanan yang banyak dikonsumsi masyarakat. Ternyata telur bisa diolah untuk aneka menu yang akan disajikan. Berikut beberapa kudapan manis yang menggunakan telur sebagai bahan dasarnya. Simak yuk.

  1. Meringue cookies

Meringue merupakan salah satu camilan manis yang berbahan dasar telur. Bagian yang dipakai yaitu putih telurnya. Adonan bisa diwarnai agar lebih menarik dan cantik.

  1. Custard pudding with caramel

Kudapan manis kedua yaitu puding manis yang terbuat dari custard telur. Puding ini memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga terasa ringan. Semakin nikmat disajikan dengan saus karamel manis.

  1. Sweet egg biscuit

Seperti namanya, biskuit ini menggunakan telur sebagai bahannya. Memilki cita rasa yang manis, sehingga bisa dikonsumsi langsung atau dipadukan dengan beragam bahan pelengkap, seperti kopi atau teh.

  1. Egg sponge cake

Sponge cake tentu sudah tidak asing lagi, bukan? Olahan kue lembut ini tak luput dari penggunaan telur sebagai bahan bakunya. Tanpa bahan pelengkap atau garnish pun, sponge cake ini sudah sangat lezat.

  1. Creme egg brownies

Menu brownies juga tak luput dari penggunaan telur sebagai bahan utamanya. Brownies memiliki tekstur yang lembut dan melelah di lidah. Cita rasa brownies yang manis dipadukan dengan bahan pelengkap yang creamy membuatnya semakin lezat.

  1. Sabayon

Sabayon atau zabaglione merupakan dessert yang terbuat dari kuning telur, gula, dan liqueur yang bercita rasa manis seperti marsala, amaretto, atau kahlua. Sebagai variasi untuk memperkaya rasa, bisa menambahkan kopi, vanilla, atau cokelat bubuk. Sajikan dengan berbagai macam buah segar, seperti bluberi, stroberi, atau peach. Cara membuatnya yaitu mematangkan kuning telur dengan uap air. Caranya biasa disebut dengan double boiler.

  1. Creme brulee

Creme brulee merupakan puding klasik dari Perancis. Bahan utamanya yaitu susu cair, kuning telur, gula pasir, dan krim kental. Bagian atas kudapan ini diberi gula karamel, lalu digosongkan menggunakan torch. Nama creme brulee berasal dari bahasa Perancis yang artinya burnt cream atau krim gosong.

Nah, dari ketujuh kudapan manis di atas. Mana yang menjadi favoritmu? Atau kamu biasa mengolah telur menjadi kudapan manis apa saja? Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

Share this Post

Share