Segudang Manfaat Jamur Enoki

                Segudang manfaat yang ditawarkan oleh jamur enoki – Jamur enoki (flammulina velutipes) merupakan jenis jamur yang sering digunakan untuk pengobatan tradisional dari Tiongkok. Bentuknya mirip tauge. Jamur ini tumbuh pada musim dingin, di dekat pohon berdaun jarum. Namun, kini banyak petani asal Jepang yang membudidayakan jamur enoki dari pohon yang sudah gugur, seperti plum, maple, dan pohon birch.

                Jamur enoki mengandung banyak vitamin, mineral dan komponen lainnya, seperti vitamin D, folat, pyridoxine, asam pantothenic, thiamin, riboflavin, dan niacin. Penelitian telah mengungkap beberapa manfaat jamur enoki. Apa saja?

  1. Mencegah risiko anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan zat besi. Untuk mencukupinya, perlu untuk mengonsumsi jamur enoki yang mampu membantu meningkatkan zat besi dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko anemia.

  1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Jamur memiliki manfaat yang baik untuk para penderita penyakit kardiovaskular. Tingginya serat pada jamur, dapat membantu proses metabolisme dan mampu menyerap kolesterol lebih banyak.  Penelitian lain menyebutkan bahwa senyawa polisakarida dan mikosterol memiliki efek menurunkan kolesterol.

  1. Memperkuat kekebalan tubuh

Jamur ini sangat kaya akan niacin, tiamin, kalium, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, selenium, dan rendah kolesterol. Ada juga asam amino valine, lisin, dan ergothioneine. Menurut penelitian dari Frontiers in Pharmacology, kandungan protein pada jamur enoki sebanding dengan sayuran berdaun hijau, sebesar 1,7 gr. Protein ini digunakan sebagai salah satu komponen yang bemanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Membantu mencegah kanker

Penelitian di tahun 1989 dari Research Institute of National Cancer menjadi kelompok awal yang pernah meneliti nutrisi yang terkandung dalam jamur enoki yang disebut mampu menurunkan risiko kanker. Bahkan, ditemukan pula bahwa jamur enoki mampu mengurangi aktivitas pertumbuhan tumor dan sel kanker hati.

Penelitian dari Oncology Reports, memperlihatkan jamur enoki yang diduga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat jamur enoki untuk mencegah perkembangan kanker pada manusia.

  1. Baik untuk pencernaan

Satu porsi jamur enoki mengandung 1,8 gr serat yang baik untuk tubuh. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa manfaat jamur enoki:

  • Menyeimbangkan pergerakan usus, hal ini dikarenakan serat membantu melembutkan feses, sehingga lebih mudah untuk melewati usus.
  • Menjaga kesehatan usus, makanan yang tinggi serat membantu mengurangi risiko kanker kolorektal dan gangguan usus lainnya.
  • Membantu memperoleh berat badan ideal, serat membantu membuat seseorang kenyang lebih lama. Oleh karena itu, keinginan untuk sering makan mampu berkurang sehingga berat badan tetap terjaga.
  1. Mampu menetralisir bahaya radikal bebas

Jamur enoki mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini merupakan senyawa yang mampu membantu menetralkan radikal bebas agar terlindung dari penyakit kronis. Dalam jamur enoki terdapat quercetin, catechin, asam galat, dan asam caffeic sebagai antioksidan.

  1. Mencegah risiko diabetes

Kandungan serat yang tinggi, membantu mencegah berbagai jenis penyakit kronis seperti diabetes tipe-2. Penelitian telah membuktikan dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti jamur enoki mampu meningkatkan produksi hormon insulin di dalam tubuh. Hal ini akan membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah yang membantu mengurangi risiko diabetes.

  1. Meningkatkan daya ingat

Jamur enoki mampu mengolah kemajuan mental serta meningkatkan daya ingat. Ini dikarenakan jamur enoki mengandung sumber asam amino yang baik. Jamur ini sangat penting untuk mendukung kesejahteraan dan membentuk kecerdasan anak-anak. Pada orang dewasa, jamur enoki baik untuk meningkatkan memori.

  1. Mencegah alergi

Banyak penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi jamur enoki secara teratur mampu membantu dalam mencegah asma, dermatitis, rhinitis, dan reaksi alergi lainnya. Nah, kamu bisa menambahkan jamur enoki dalam menu harian.

Ternyata banyak juga manfaat dari jamur enoki ini. Stay healthy! Semoga bermanfaat.

Referensi:

Alodokter, Hellosehat, Liputan6

 

Share this Post

Share

Asal Usul Cokelat

                Pencinta...