4 Tips Memilih Usus yang Berkualitas

                Sudah tahu bagaimana cara memilih usus? – Usus ayam termasuk bahan makanan yang rentan kotor dan terkontaminasi ketika mentah. Harus cerdas memilih usus yang baik sebelum memutuskan untuk membelinya. Bagaimana mengetahui usus ayam yang bagus dan masih segar? Simak uraian berikut.

  1. Warna

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu penampilan usus ayam. Jika dijual dalam keadaan mentah, pastikan warnanya tidak pucat. Biasanya berwarna putih kekuningan, kuning segar, seperti warna lemak pada kulit ayam. Jika warnanya terlihat pucat, tandanya usus sudah lama. Warnanya pucat kebiruan. Jika usus dalam keadaan sudah matang, tinggal mengolah, pilih usus ayam yang warnanya kuning pucat segar.

  1. Tekstur

Sebelum membelinya, coba sentuh dan cubit. Usus yang baik memiliki tekstur empuk dan tidak kenyal. Jika teksturnya kenyal, cenderung alot, dikhawatirkan telah diberi pengawet. Jadi, pilih yang teksturnya tidak kenyal.

  1. Tidak berbau

Pastikan usus ayam tidak bau menyengat. Faktanya, usus yang tidak memiliki bau menyengat meskipun sebagai saluran pencernaan ayam. Dalam keadaan bersih, usus memiliki aroma amis khas ayam dan itu normal. Namun, jangan beli usus ayam yang berbau tidak sedap.

  1. Tidak berlendir

Usus ayam yang berlendir, kualitasnya sudah dipastikan buruk. Jika membeli usus ayam di supermarket, jangan lupa untuk melihat tanggal kemasan, beli usus yang dikemas di hari tersebut. Pastikan pula usus ayam yang dibeli (dalam keadaan matang) kesat dan tidak berlendir atau berair.

Sebelum diolah, cuci usus ayam berkali-kali hingga bersih dan lumuri air jeruk nipis. Lalu, rebus dengan jahe, lengkuas, dan daun salam. Rebus sekitar 5 menit. Setelah itu, buang airnya dan rebus kembali hingga matang.

Gampang bukan 4 tips memilih usus yang baik? Semoga bermanfaat.

Referensi:

Antero , Fimela

Gambar:

Instagram

Share this Post

Share