Cara Memotong Daging yang Baik dan Benar

Sudah benarkah cara Anda memotong daging? - Apakah Anda termasuk pencinta steak? Meskipun Anda bukan seorang pencinta steak, tapi pasti pernah mengonsumsi daging, bukan? Baik itu di rumah maupun di cafe atau restoran. Salah satu hal yang berkaitan dengan citarasa daging adalah teksturnya. Nah, tahu gak kalau tekstur daging yang empuk juga dipengaruhi oleh bagaimana cara Anda dalam memotong daging. Agar Anda tidak makan daging yang teksturnya seperti ‘sandal jepit’, yuk simak artikel berikut mengenai tips cara memotong daging yang baik dan benar:

  1. Bersihkan lemak

Sebelum mengolah daging sapi, bersihkan lemak yang menempel pada daging. Cara membersihkannya yaitu dengan menarik atau memotong dengan pisau yang tajam.  Daging sapi memiliki serat yang besar dan tebal, ini menyebabkan daging sapi lebih keras jika dibandingkan dengan daging ayam. Walaupun ada sebagian orang yang menyukai lemak daging sapi karena teksturnya yang chewy dan gurih.

  1. Memotong daging dengan melawan arus seratnya

Memotong atau mengiris daging sapi searah dengan alur serat justru akan menghasilkan daging yang keras ketika telah dimasak. Namun, ketika Anda memotong daging dengan melawan arah seratnya akan membuat lebih empuk. Hal ini disebabkan karena serat dalam daging merah akan lebih mudah untuk dihancurkan. Jika Anda ingin menyajikan daging untuk anak-anak, coba pilih daging has dalam (tenderloin).

Ternyata ada sebagian masakan yang justru harus menggunakan daging yang potongannya searah dengan serat, seperti rendang, dendeng batokok, abon, daging suwir, pindang serani, dan empal. Pada umumnya memotong daging dengan searah ditujukan untuk masakan yang membutuhkan waktu pengolahan lebih lama.

  1. Iris tipis

Cara yang satu ini cukup unik dan berbeda. Bersihkan daging dari lemaknya, lalu bersihkan dengan menggunakan air. Lalu, diamkan daging di dalam kulkas (chiller atau freezer) selama ±30 menit. Setelah itu, keluarkan daging sapi dan iris tipis dengan pisau yang tajam. Mengiris tipis daging dapat diterapkan ketika Anda ingin menumis daging, seperti daging teriyaki atau yakiniku.

Demikianlah tips cara memotong daging dengan baik dan benar agar empuk dan lezat ketika dimakan. Jangan sampai salah dan keliru lagi, ya! Semoga tips kali ini bermanfaat untuk Anda.

Share this Post

Share

Ketahui Konversi Ukuran

                Catat ini...