5 Macam Jajanan dengan Isian Pisang

                Apa ada yang menjadi favoritmu? – Buah berkulit kuning ini menjadi buah yang banyak dikonsumsi, tak hanya dikonsumsi langsung, tetapi juga bisa dikreasikan menjadi makanan dan minuman. Jajanan yang berisi pisang di dalamnya pasti terasa lebih nikmat.

                Berikut beberapa jajanan dengan isian pisang di dalamnya:

  1. Nagasari

Nagasari atau nogosari (dalam bahasa Jawa) merupakan kue basah tradisional yang sangat terkenal dan diwariskan turun-temurun dari generasi ke generasi. Terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi dengan pisang. Jenis pisang yang digunakan yaitu pisang raja. Kue ini biasanya dibalut dengan daun pisang, lalu dikukus. Selain itu, nagasari juga sering dikukus dengan balutan daun pandan, agar tercium aroma wangi.

Baca juga: Yuk Kenali Kue Nagasari

  1. Pisang bolen

Pisang bolen merupakan camilan khas Bandung yang memiliki citarasa legit. Terbuat dari adonan kulit pastry yang diisi dengan pisang serta keju, kemudian digoreng. Rasanya renyah dan legit. Sangat pas dikonsumsi kapan saja sebagai teman minum kopi atau teh.

  1. Kue kacamata

Jajanan tradisional ini cukup unik. Namanya kue kacamata. Disebut kue kacamata, karena bentuknya mirip kacamata jika kedua potong kue tersebut didekatkan satu sama lain. Namun, ada juga yang nama lain untuk kue ini, seperti kue mataroda, kue mata sapi, kue mata bola, dll. Kue kacamata termasuk dalam kategori kue basah. Kue ini berbahan dasar singkong dan memiliki isian pisang yang disajikan dengan taburan kelapa.

Terbuat dari campuran singkong, pisang, dan taburan kelapa parut. Rasanya manis dan legit. Selain dengan singkong, kue kacamata juga bisa dimodifikasi dengan menggunakan sagu ambon. Rasanya tak kalah enaknya. Pisang yang digunakan untuk isian biasanya adalah pisang kepok.

Baca juga: Yuk Kenali Kue Kacamata

  1. Dadar gulung

Dadar gulung identik dengan warna hijau dengan isian unti kelapa. Namun, dadar gulung juga dapat dikreasikan dengan isian pisang. Rasanya gak kalah legit dan lezat.

  1. Molen pisang

Molen pisang terbuat dari adonan kulit pastry yang digulung hingga menutupi seluruh bagian pisang, lalu digoreng hingga garing. Molen pisang biasa ditemukan di penjual gorengan atau di pasar tradisional. Rasanya gurih, manis. Cocok bagi pencinta gorengan.

 

Itulah lima jajanan dengan isian pisang. Apa saja yang menjadi favoritmu? Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

Share this Post

Share

Hari Chef Nasional

25 Januari diperingati sebagai Hari Chef Nasional Kepada seluruh pencinta kuliner yang tergabung da...