Yuk Kenali Kue Kacamata

                Pernah mencicipi? – Indonesia kaya akan kuliner khas, termasuk jajanan tradisional atau jajanan pasar. Jajanan tradisional ini cukup unik. Namanya kue kacamata. Disebut kue kacamata, karena bentuknya mirip kacamata jika kedua potong kue tersebut didekatkan satu sama lain. Namun, ada juga yang nama lain untuk kue ini, seperti kue mataroda, kue mata sapi, kue mata bola, dll. Kue kacamata termasuk dalam kategori kue basah. Kue ini berbahan dasar singkong dan memiliki isian pisang yang disajikan dengan taburan kelapa.

Baca juga: Yuk Kenali Kue Nagasari

                Pada umumnya, kue ini mudah ditemui di pasar-pasar tradisional dan disajikan saat ada hajatan atau perayaan besar. Di daerah lain pun kue kacamata memiliki nama lain, seperti di Jawa Barat, kue ini disebut kue putri nong. Di Jawa Tengah disebut dengan nama kue moto kebo (kue mata sapi). Ada juga yang menyebutnya kue moto roda atau kue janda, dan sebutan-sebutan unik lainnya.

Baca juga: Yuk Kenali Kue Koci

                Terbuat dari campuran singkong, pisang, dan taburan kelapa parut. Rasanya manis dan legit. Selain dengan singkong, kue kacamata juga bisa dimodifikasi dengan menggunakan sagu ambon. Rasanya tak kalah enaknya. Pisang yang digunakan untuk isian biasanya adalah pisang kepok.

Cara pembuatan kue ini yaitu dengan cara dikukus dengan menggunakan daun pisang. Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar, mungkin akan kesulitan menemukan kue tradisional ini.  

            Nah, sekarang pengetahuan kuliner tradisionalmu bertambah. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

Baca juga: Yuk Kenali Macam-Macam Produk Bakery

Referensi:

INews

 

Share this Post

Share