18 Makanan Penambah Imun

Stay healthy! – Cuaca di Indonesia yang tak menentu seperti saat ini, bisa menyebabkan kita rentan terserang berbagai penyakit. Belakangan ini, wabah virus corona COVID-19 sudah sampai di lebih dari 60 negara di dunia, termasuk Indonesia. Lantas, apa yang bisa kita lakukan? Menjaga kesehatan dan kebersihan, makanan dan minuman juga harus dijaga untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut beberapa makanan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh:

  1. Paprika merah

Paprika mengandung vitamin C dua kali lebih banyak daripada jeruk. Bermanfaat untuk menambah sistem imun dan kandungan vitamin C baik untuk kulit. Kandungan betakaroten di dalamnya juga membantu kesehatan kulit dan mata.

  1. Buah jeruk

Buah jeruk dikenal sebagai buah yang tinggi akan vitamin C. Mengonsumsi vitamin C agar terhindar dari kedinginan dan mampu menambah imun dalam tubuh. Vitamin C juga baik untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Beberapa buah yang tinggi vitamin C, yaitu lemon, limun, anggur, jeruk, jeruk keprok, dan jenis jeruk lainnya.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sering digunakan pada berbagai hidangan. Bermanfaat untuk memerangi infeksi, memiliki khasiat antibakteri, dan antivirus yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dikutip dari National Center for Complementary and Integrative Health Trusted Source, bawang putih mampu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan dalam pembulu darah.

Selain itu, bawang putih juga mengandung antioksidan tinggi, fosfor, seng, potasium, dan kalsium. Mampu memperkuat sistem pernapasan dan menambah sel darah putih. Dengan mengonsumsi bawang putih mentah sebelum tidur, ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, seperti batuk, pilek, dan radang tenggorokan.

  1. Bawang bombai

Masih satu keluarga dengan bawang putih, bawang bombai mampu meningkatkan imun tubuh. Mengandung vitamin, zat besi, fosfor, dan berbagai senyawa lain yang mampu mengatasi beragam permasalahan dalam tubuh.

Riset dari R. Akrami, Effects of Dietary Onon (Allium Cepa) Powder On Growth, Innate Immune Response and Hemato Biochemical Paramters of Belugam Fish & Shellfish Immunology, menunjukkan bahwa bubuk bawang bombai dapat menjadi peningkat dalam pertumbuhan, parameter hematologi, dan fungsi kekebalan tubuh remaja.

Cara mengonsumsi bawang bombai dapat dicampurkan ke dalam salad sayur, masakan yang ditumis, sup ayam bawang bombai, dsb.

  1. Brokoli

Sayuran ini mengandung banyak vitamin dan mineral. Ada vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan antioksidan.

  1. Jahe

Jahe mampu menurunkan inflamasi, berguna untuk meredakan sakit pada tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Bumbu dapur ini juga mampu membantu mengurangi mual.

  1. Bayam

Bayam termasuk dalam sayuran yang kaya dengan sistem kekebalan tubuh. Kandungan betakaroten dan antioksidan, mampu menambah imun tubuh.

  1. Jamur

WHO menyebutkan mengenai daging harus dimasak hingga matang. Nah, jamur bisa menjadi alternatif pengganti rasa daging yang nikmat. Khususnya bagi vegetarian atau vegan. Jamur yang diolah biasanya memberi rasa seperti ayam kecap atau daging.

Jamur bersifat antimikroba dan antiviral, dan mengandung potasium. Jamur sangat baik bagi tubuh, mempercepat metabolisme, menjaga keseimbangan tekanan darah, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

  1. Yoghurt

Yoghurt bermanfaat untuk melawan penyakit dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin D di dalamnya mampu membantu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit.

  1. Kacang almond

Kacang almond baik dikonsumsi, karena mampu mencegah dan melawan flu. Mengandung vitamin C, vitamin E, dan memiliki manfaat yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Kunyit

Termasuk rempah-rempah yang digunakan untuk mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Siapa sangka bahwa kunyit mmapu untuk meningkatkan kekebalan tubuh?

  1. Pepaya

Pepaya mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh. Mengandung enzim pencernaan yaitu papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Pepaya juga kaya akan kalium, vitamin B, dan folat.

  1. Teh hijau

Teh hijau atau teh hitam kaya akan antioksidan. Memiliki kadar antioksidan tinggi yang baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

  1. Kerang

Pasti diantara kalian tidak percaya? Ternyata, beberapa jenis kerang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mengandung seng. Seng dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin dan mineral dibutuhkan untuk sel kekebalan tubuh.

  1. Buah kiwi

Kiwi megandung beberapa nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti folat, potasium, dan vitamin K. Vitamin C yang terkandung dalam kiwi juga membantu meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi.

  1. Daging ayam

Sup ayam hangat dianggap mampu membantu mencegah gejala flu dan melindungi dari sakit. Selain ayam, kalkun juga baik dikonsumsi. Ayam mengandung B6 yang memiliki banyak peran dalam beberapa rekasi kimia yang terjadi dalam tubuh. Ini dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah yang abru dan sehat.

  1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung fosfor, vitamin B6, vitamin E, dan magnesium. Vitamin E mampu memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan lain yang tinggi vitamin E yaitu alpukat dan sayuran berdaun gelap.

  1. Madu

Madu tinggi akan antioksidan yang baik untuk meredakan batuk, menjaga tenggorokan agar tidak kering, dan menghilangkan dahak. Madu juga berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Itulah 18 makanan yang mampu menambah imun dalam tubuh. Semoga bermanfaat. Selalu jaga kesehatan di tengah-tengah aktivitas yang padat dan cuaca yang ekstrim saat ini!

 

Referensi:

Alodokter , CNNIndonesia , Merdeka , Tempo , Tribunnews

Cleveland Clinic (2016). 3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity.

Berkeley Wellness (2018). University of California. Antioxidants and Free Radicals.

White, L. B. Everyday Health (2016). 10 Simple and Natural Ways to Boost Your Immune System.

Wong, C. Very Well Fit (2018). Noni Juice Benefits and Uses: What Should I Know About It?

Wong, C. Very Well Fit (2018). The Health Benefits of Phyllanthus.

Bacher, R. Web MD (2013). Myths vs. Facts About Your Immune System.

Web MD. Vitamins & Supplements: Noni.

Share this Post

Share

Cara Baru Makan Nanas

            Ada-ada saja ya? – Beberapa...