Kenali Jenis-Jenis Piring apa saja yang Aman Dipakai

            Cerdas pilih piring yang aman! – Piring memang memiliki berbagai macam jenis. Ada yang terbuat dari keramik, melamin, aluminium, kayu, kaca, plastik, dsb. Mudah sekali menemui berbagai macam jenis piring tersebut di dalam kehidupan sehari-hari. Pernahkah kamu berpikir, dari beberapa jenis yang telah disebutkan, ternyata tidak semuanya aman untuk dipakai terutama untuk makanan panas.

            Jika salah dalam pemakaian jenis piring, dalam jangka panjang akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Seperti, demam, asma, bronkitis, kanker, muntah, bahkan sampai merusak kinerja reproduksi. Penyakit-penyakit tersebut memang tidak langsung menjangkit dalam waktu singkat.

            Yuk, kenali beberapa macam jenis piring dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Piring melamin

Piring ini banyak digemari karena memiliki bentuk yang beragam dan gambar-gambar yang lucu. Tetapi, jenis piring ini tidak layak pakai untuk jenis makanan panas. Kandungan formaldehida di dalamnya sangat berbahaya, jika diserap oleh tubuh.

Ada sebuah studi dari Kaohsiung Medical University di Taiwan yang meneliti mengenai penggunaan jenis piring melamin pada 12 responden yang berusia 20 tahunan. Subjek diminta untuk menyantap makanan panas di piring melamin dibandingkan piring keramik. Hasilnya, setelah tiga minggu, responden yang memakan makanan dari jenis piring melamin lebih banyak menghasilkan 8,35 mikrogram urin.

  1. Piring plastik

Piring plastik banyak dipakai, terutama untuk anak-anak yang baru mulai belajar makan. Piring ini tidak mudah pecah, memiliki warna dan gambar yang menarik. Faktanya, tidak semua piring plastik aman dipakai. Piring ini mengandung BPA yang dapat membahayakan kesehatan. Pilihlah piring plastik yang tidak mengandung BPA, kode keamanan biasanya terletak di bagian bawah piring.

  1. Piring aluminium

Meskipun tidak mudah pecah dan awet. Nyatanya, piring aluminium tidak aman dipakai untuk jenis makanan panas. Partikel ion di dalamnya berbahaya bagi otak. Bahkan, jika terserap ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit alzheimer.

  1. Piring keramik

Salah satu jenis piring yang aman dipakai. Memiliki cukup banyak varian dan cantik-cantik. Harganya pun juga beragam, sesuaikan dengan budget­-mu. Jenis piring ini aman dimasukkan ke dalam microwave.

  1. Piring kayu

Piring kayu sangat jarang dipakai karena lumayan langka dan harganya tidak semurah jenis piring lainnya. tetapi, justru ini jenis piring yang sangat aman dipakai. Tidak bermasalah dengan jika terkena suhu panas. Jenis piring ini aman dimasukkan ke dalam microwave.

  1. Piring styrofoam

Praktis dan simpel, dua kata yang cocok menggambarkan piring jenis ini. Justru piring styrofoam memiliki ancaman bahaya yang sangat besar. Kandungan senyawa benzena dapat mengganggu kelenjar endoktrin yang berperan pada proses  reproduksi manusia, serta sifat mikroplastiknya juga sulit terurai. Ketika mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung lemak, asam, dan alkohol serta panas, senyawa tersebut akan larut dalam minuman/makanan.

  1. Piring kaca

Piring kaca dipilih karena bening dan mudah dibersihkan. Kadang, piring jenis ini dilengkapi dengan ukiran yang membuatnya semakin menarik.

  1. Piring tembikar

Jenis piring ini mampu memberikan kesan tradisional yang hadir di ruang makan. Masakan khas nusantara yang tersaji dengan memakai piring tembikar semakin mempercantik tampilan.

Nah, itu beberapa jenis piring yang harus kamu ketahui. Mulai sekarang, pilihlah peralatan makan terutama piring yag aman dipakai untuk sehari-hari. Terlebih lagi apabila makanan yang dihidangkan merupakan jenis makanan panas.

Referensi:

Kompas , Liputan6 , IDNTimes , Unsplash

 

Share this Post

Share