Pulau Penghasil Rempah di Indonesia

Tahukah kamu apa pulau penghasil rempah di Indonesia? – Sejak dahulu, Indonesia terkenal kaya akan rempah, bahkan hingga mendunia. Rempah-rempah Indonesia juga menjadi salah satu komoditas penting dalam jalur perdagangan sejak zaman kerajaan. Para pedagang dari Asia Timur (China), Asia Selatan (India), dan Asia Barat (Arab, Persia) merupakan negara yang menemukan Maluku dan hasil rempahnya.

Ternate merupakan pulau yang berada di Provinsi Maluku Utara. Pulau inilah yang dikenal sebagai penghasil rempah-rempah. Bahkan, aroma cengkeh tercium di segala penjuru desa di Ternate. Selain tanaman cengkeh, ada juga kayu manis, pala, dan rempah lainnya. Rempah seperti pala dan cengkah Indonesia memiliki kualitas baik yang dihargai cukup mahal dan terkenal di dunia.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berupaya menggaungkan Maluku dan Maluku Utara sebagai pulau rempah-rempah dunia. Ada beberapa jalur untuk menuju kesana, salah satunya melewati Pulau Seram. Terdapat banyak macam rempah, seperti pala, cengkeh, lada, dan sagu. Pulau ini berada di Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat. Pulau ini juga sebagai termasuk salah satu penghasil rempah terbaik di Maluku. Rempah-rempah dari Maluku diperdagangkan ke Jawa dan Sumatera, hingga mancanegara.

 

Baca juga: 11 Manfaat Pala

 

Keadaan alam di Pulau Seram sangat strategis dan udaranya sejuk. Sehinga, memungkinan tanaman rempah-rempah tumbuh subur disana. Ini juga yang menjadikan alasan Pulau Seram menjadi salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi oleh turis dari berbagai macam negara. Meskipun tidak ada resort bintang lima di Pulau Seram, tetapi pulau ini menawarkan pemandangan megahnya alam dan pantai terpencil dan dikelilingi oleh air yang jernih.

 Ada tujuh jenis rempah-rempah yang menjadi kekayaan Indonesia yaitu lada, pala, vanili, kayu manis, cengkeh, jahe, dan kunyit. Rempah-rempah juga kaya akan manfaat bagi tubuh. Terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

 

Referensi:

Akurat, Kompas, Okezone, Unsplash

Share this Post

Share

Asal Usul Cokelat

                Pencinta...