Indonesian Chef Association Komitmen Bangkitkan Industri Kuliner di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 berampak pada banyak sendi kehidupan. Tak terkecuali industri pariwisata yang di dalamnya ada industri kuliner. Kondisi inilah yang menginisiasi para chef yang tergabung dalam Indonesian Chef Association (ICA) untuk membahasnya pada Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) tahun 2021 dengan mengusung tema “Kreatif dan Tangguh dalam Era Digital Menghadapi Normal baru Industri Kuliner”.

                RAPIMNAS ini digelar secara hybrid (offline dan online) dan dihadiri oleh seluruh badan pengurus pusat ICA, dan pimpinan dari 22 BPD dan 36 BPC serta perwakilan 17 ambassador ICA dari beberapa negara. RAPIMNAS ICA 2021 diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Opening ceremony RAPIMNAS dibuka langsung oleh Gubernur NTB, Dr. Zulkeflimansyah.

                Dalam sambutannya, Gubernur Dr. Zulkieflimansyah sangat mendukung kegiatan ICA dan setuju dengan tema RAPIMNAS tahun ini.

“Tangguh dalam artian kuat bertahan dalam menghadapi pandemic covid-19 dan berjuang untuk mendapatkan alternatif baru untuk menjalankan kegiatan atau usaha disaat situasi sekarang ini,” kata Zulkeflimansyah, Selasa, (29/6/2021).

Presiden ICA, Chef Henry Alexie Bloem, dan Ketua Panitia RAPIMNAS, Chef Komang Adi, mengaku bangga, karena ICA tumbuh dan mampu beradaptasi secara digital dengan baik.

"RAPIMNAS tahun 2021 ini merupakan tahun terakhir di bawah kepengurusan BPP 2017-2022, dan dalam rapat ini juga, kita membahas menuju pelaksanaan MUNAS 2022 mendatang yang sudah waktunya kita persiapkan dari saat ini," ungkap Chef Bloem.

                VP marketing dan Event BPP ICA, Slamet Jarwanto juga menyatakan bahwa ICA sudah mampu bertransformasi secara digital baik dalam pengelolaan marketing, keanggotaan, maupun penyelenggaran event.

"Di tengah keterbatasan karena situasi pandemi ini, ICA tetap melakukan berbagai kegiatan untuk terus mempromosikan kuliner Nusantara, khususnya lewat media sosial," kata Slamet.

                Dalam RAPIMNAS ini, dilakukan percakapan daring dengan beberapa ambassador ICA yang berada di luar negeri, salah satunya Chef DR Yono Poernomo. Yono adalah ambassador ICA USA sekaligus owner Yono's Retaurant di Albani New York. Ada juga ambassador ICA di Brisbane Australia.

Acara RAPIMNAS juga dimeriahkan dengan cooking demo Chef Yongki Gunawan yang didukung oleh Blueband, Sania, dan Hollman Toffieco. Demo Cooking ini bisa disaksikan secara langsung via instagram @dapuricaofficial dan @yongki_gunawan_kue.

Share this Post

Share