5 Tips Membuat Perkedel Kentang Empuk

Tips Membuat Perkedel Empuk

Apa saja tipsnya? – Bahan-bahan untuk membuat perkedel kentang memang mudah didapatkan, tetapi cara mengolah agar menjadi perkedel yang empuk dan cantik sempurna susah-susah gampang. Kesalahan yang sering terjadi yaitu kentang hancur dan pecah saat digoreng. Beberapa tips berikut ini bisa coba dipraktikkan!

  1. Goreng kentang setengah matang

Jika ingin membuat perkedel yang empuk dan cantik tidak dengan cara dikukus. Karena, kentang kukus memiliki kadar air berlebih, ketika dihaluskan kentang terasa lembek. Bisa dengan teknik menggoreng kentang setengah matang, guna menghindari adonan yang terlalu lembek. Jika sudah, haluskan kentang.

Jangan tunggu hingga dingin. Jika menunggu kentang dingin, kentang akan terasa kasar, sehingga mampu mempengaruhi tekstur perkedel.

  1. Tambahkan tepung terigu atau tepung tapioka

Cara ini bisa dipakai jika terlanjur mengukus kentang. Campur kentang dengan tepung terigu atau tepung tapioka, lalu aduk rata. Adonan akan menjadi padat dan rekat. Hal ini akak mempengaruhi bentuk saat digoreng, perkedel akan tampak cantik.

  1. Simpan adonan perkedel di kulkas

Simpan adonan perkedel ke dalam kulkas semalamam, akan membuat makin padat. Adonan seperti ini tidak akan hancur saat digoreng. Bentuk perkedel akan tetap cantik sempurna. Sebelum dimasukkan kedalam kulkas, bentuk adonan kentang terlebih dahulu. Jangan masukkan adonan yang belum dibentuk, karena nanti adonan akan susah dibentuk.

  1. Celupkan ke kocokan telur sebelum digoreng

Cara yang paling umum dalam pembuatan perkedel. Memasukkan adonan yang telah dibentuk ke dalam kocokan telur akan menguatkan adonan, sehingga ketika digoreng tidak akan hancur. Dalam hal ini, telur dalam membuat perkedel berperan sangat penting.

  1. Goreng perkedel dengan minyak banyak dan panas

Perkedel akan lengket jika digoreng. Karenanya, membuat sering dibolak-balik. Terlalu sering membolak-balikkan perkedel akan membuat hancur dan pecah. Gunakan banyak minyak jika ingin menggoreng perkedel dan pastikan perkedel dalam wajan tenggelam dalam minyak. Ini membuat perkedel matang merata tanpa banyak membolak-balik adonannya.

Jangan lupa pastikan terlebih dahulu bahwa minyak sudah sangat panas. Jangan dimasukkan jika masih dingin, perkedel akan lama di minyak, dan akan membuat mudah hancur dan pecah.

Selamat mencoba. Semoga artikel Indonesian Chef Assocation ini bermanfaat.

Share this Post

Share

Cara Baru Makan Nanas

            Ada-ada saja ya? – Beberapa...