9 Tips Membersihkan Alat Dapur dari Keramik

                Jangan sembarangan ya! – Merawat kebersihan dapur tidak hanya terlihat dari lantai, meja, atau dinding dapur saja. Ada hal lain yang tak luput dari perhatian, misalnya peralatan dapur. D     alam hal merawat peralatan dapur bisa dibilang susah-susah gampang. Ini dikarenakan bahan baku yang beragam, ada yang terbuat dari besi, baja, aluminum, kuningan, dan keramik. Berbeda bahan berbeda pula perawatannya.

                Yuk simak cara merawat peralatan dapur berbahan keramik berikut ini.

  1. Rendam dengan air hangat

Rendam peralatan dapur berbahan keramik dengan menggunakan air hangat. Ini dilakukan untuk menghilangkan minyak atau kotoran. Rendam selama 30 menit. Lalu, bilas dengan sabun cuci piring hingga bersih.

  1. Jangan menumpuk kotoran makanan

Hindari menumpuk kotoran makanan terlalu lama. Setelah selesai, langsung cuci bersih, agar tidak ada noda bekas membandel yang menempel pada permukaan keramik.

  1. Jika terlanjur membekas, hilangkan dengan campuran tepung maizena dan cuka

Jika noda membandel terlanjur menempel, hilangkan dengan campuran tepung maizena dan cuka.  Larutkan keduanya, kemudian oleskan ke bagian yang bernoda. Diamkan selama satu jam.

  1. Campuran cuka apel dan garam

Tahukah kamu? Campuran cuka apel dan garam bisa membuat alat dapur berbahan keramik menjadi bersih. Caranya, semprotkan pada permukaan, lalu diamkan sebelum dikeringkan dengan kain.

  1. Campuran soda kue dan air hangat

Oleskan campuran soda kue dan air hangat pada permukaan keramik, kemudian diamkan selama 30 menit. Jika sudah mengering, bilas air hangat dan usap dengan kain lembut hingga kering.

  1. Gunakan sikat berbulu halus

Jika ada bagian celah yang sulit terjangkau, coba gunakan sikat berbulu halus. Bilas dengan menggunakan sabun terlebih dahulu agar bersihnya maksimal.

  1. Alasi wastafel dengan keset karet agar alat dapur yang telah dibilas tidak terbentur

Agar alat dapur berbahan keramik yang telah dibilas tidak terbentur, alasi wastafel dengan menggunakan keset karet. Ini dilakukan agar tidak ada insiden alat dapur menjadi cuil.

  1. Usap menggunakan campuran perasan air lemon dengan garam

Setelah membersihkan alat dapur berbahan keramik, usapkan perasan air lemon yang telah dicampur garam, tujuannya agar warna dan tekstur keramik tetap terjaga.

  1. Keringkan menggunakan kain lembut

Setelah selesai dibersihkan, keringkan dengan menggunakan kain lembut dan gosok perlahan. Segera simpan alat dapur dari keramik jika sudah kering sempurna, agar tidak jamuran.

Itulah beberapa cara membersihkan alat dapur berbahan keramik yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat. Selamat mencoba.

 

Share this Post

Share

Hari Chef Nasional

25 Januari diperingati sebagai Hari Chef Nasional Kepada seluruh pencinta kuliner yang tergabung da...