Rekomendasi Film Tentang Kuliner

Dunia kitchen tak hanya memikat pencinta kuliner saja, tetapi dari berbagai kalangan. Terbukti dengan adanya film-film tentang culinary. Film bisa menceritakan banyak hal, terkadang seseorang bisa mendapatkan inspirasi dari sebuah film. Tentu tak hanya untuk hiburan semata, tetapi ada nilai-nilai positif yang dapat dipetik.

Nah, dari beberapa film yang disebutkan di bawah ini, diharapkan mampu menambah inspirasi dalam dunia kuliner:

  1. Willy Wonka and the Chocolate Factory (1971)

Bagian terbaik dari klasik Gene Wilder adalah saat di pabrik yang menunjukkan kepada kita bagaimana Gobstoppers Everlasting dibuat atau bagaimana mengubah seseorang menjadi blueberry. Dengan sungai cokelat, telur emas, dan cangkir teh yang dapat dimakan, Anda akan mendambakan permen dalam waktu singkat! Musik awal tentang "The Candy Man," adalah suguhan istimewa yang memuaskan dan lezat.

  1. Under Siege (1992)

Seorang mantan Navy Seal bernama Casey Ryback yang bertugas menjadi tukang masak di kapal laut USS Missouri. Tak disangka-sangka, sekelompok tentara bayaran pimpinan William Strannix membajak ka[al itu untuk mencuri misil Tomahawk.  Sialnya, Strannix tidak hafal bahwa di kapal ini ada seorang chef handal sekaligus master aikido yang siap memporak-porandakan geng mercenaries-nya. Seagal berjibaku melawan para tentara bayaran di kapal laut, menggunakan sendok, garpu, pisau dan peralatan kitchen lainnya. Statusnya sebagai chef (bukan polisi, agen rahasia dan lainnya), tentunya lebih menarik karena karakternya kita anggap orang biasa.

  1. Big Night (1996)

Salah satu film terbaik tentang makanan dan chef. Bermula dari dua orang bersaudara yang merupakan imigran di Amerika yang mengelola restoran bernama Paradise. Kakaknya bernama Primo (Toni Shalhoub), merupakan chef jenius. Adiknya, Secondon (Stanley Tucci). Selain bercerita tentang kuliner, film ini membangun karakter di tap tokohnya sangat baik. Wajib ditonton!

  1. Chocolat (2000)

Sesuai dengan judul filmnya. Film ini didominasi oleh pembuatan bermacam-macam cokelat oleh Vianne Roche. Setelah 15 tahun perang Dunia II, Vianne mencari tempat hingga settle di sebuah desa di Prancis bersama anaknya, ia membuka toko cokelat. Namun, berbagai masalah pun datang. Mulai dari ketidaksukaan sang wali kota, kasus beberapa keluarga penduduk desa, hingga asmara dengan orang Gipsy. Film yang didaptasi dari novel ini mampu mendapatkan lima nominasi Oscar di tahun 2000.

  1. Pieces of April (2003)

Katie Holmes dan Patricia Clarkson berperan sebagai ibu dan anak dalam drama ini, tentang tekanan dalam membuat makan malam untuk Thanksgiving. Cukup sulit untuk mendapatkan makanan istimewa yang sempurna, tetapi ketika oven pecah meroket. Makanan seadanya dan kemampuan memasak terbatas dari Holmes sudah cukup krisis tanpa menambah kanker ibunya. Makanan yang baik, keluarga, dan sedikit bantuan dari teman Anda membuktikan bahwa makanan yang menenangkan benar-benar memiliki kekuatan untuk menyembuhkan.

  1. Ratatouille (2007)

Film bertema dunia masak yang paling populer di dunia. Berkali-kali diputar di stasiun televisi di Indonesia. Tentang seorang lelaki muda yang mengejar karirnya sebagai chef. Ia berteman dengan seekor tikus yang pandai memasak dan mengajarinya banyak hal. Kehadiran tikus di dapur tentu membuat heboh dan jijik semua orang. Film ini juga dalam bentuk animasi yang mampu menjangkau segala usia, termasuk anak-anak.

  1. No Reservations (2007)

Film ini berkisah mengenai seorang tante dan keponakannya yang mengelola sebuah restoran. Kate diperankan oleh Catherin Zeta-Jones mengelola restorannya layaknya seorang sipir penjara, sementara Nick yang diperankan oleh Aaron Eckhart mempunyai bakat masak yang sama dan dipandang sebagai rival. Film ini merupakan remake dari Mostly Martha (2001).

  1. Julie & Julia (2009)

Kedua tokoh ini nyata, tetapi ada di masa yang berbeda. Diadaptasi dari sebuah blog. Mewujudkan mimpi memang tidak ada yang mustahil, tetapi harus dengan tekad dan kerja keras. Itu yang bisa menggambarkan film ini.

Julia Child seorang koki terkenal. Ia menulis buku masak dan memiliki acara televisi sendiri. Bukunya yang berjudul Mastering the Art of French Cooking (1961) menginspirasi Julie Powell. Ia bertekad untuk memasak ke-524 resep milik Julia. Julie mengalami jatuh bangun dalam usahanya belajar memasak. Ia mendokumentasikan perjalanan memasaknya secara online. Julia diperankan oleh Meryl Streep, Julie dilakoni Amy Adams.

  1. Le Chef/Comme un Chef (2012)

Berkisah tentang Alexander Lagarde (Jean Reno) sebagai seorang chef sedikit goyah karena pemilik restoran mengkritik pilihan masaknya. Masakannya menggunakan bahan makanan yang terlalu mahal. Tak hanya mengenai dapur, film ini menggambarkan pergulatan batin dan kehidupan pribadi sang chef.

  1. Chef (2014)

Berkisah tentang Carl Casper, seorang chef di restoran ternama dengan idealisme tinggi yang tak sejalan dengan pemilik restoran. Ia mendapat kritik buruk dari kritikus makanan, membuatnya mengamuk dan aksinya terekam hingga viral di dunia maya. Lalu, Carl membangun bisnisnya sendiri, bisnis food truck. Aspek menarik yang tertuang dalam film ini tak hanya tentang dunia masak saja, tapi juga hubungan keluarga.

  1. The Hundred-Foot Journey (2014)

Diangkat dari novel bertajuk sama, The Hundred-Foot Journey. Film ini bercerita tentang persaingan dua restoran. Satu restoran bergaya Prancis, Le Saule Pleureur, yang dipimpin oleh Madame Mallory (Helen Mirren). Satunya, restoran India, Masion Mumbai yang memiliki chef andalan Hassan (Manish Dayal). Film ini juga mengangkat tentang kebangsaan dan para imigran India di Eropa. Bagaimana dua bangsa dengan memiliki budaya makan yang berbeda, hanya berjarak 100 langkah saja. Film dengan ide yang fresh inilah yang menjadi daya tarik tersendiri.

  1. East Side Sushi (2014)

Menceritakan seorang chef berdarah Meksiko Amerika yang memiliki mimpi dapat bekerja di balik bar restoran Jepang. Ia membantu ayahnya, seorang vendor buah. Ia selalu bangun pukul empat pagi untuk membantu sang ayah. Suatu ketika, ia mengalami perampokan dan membuatnya berpikir untuk mencari pekerjaan yang lebih aman dan menemukan lowongan pekerjaan di restoran sushi. Tak hanya bercerita tentang makanan, tapi juga dua kebudayaan yang saling bertolak belakang.

  1. Burnt (2015)

Kamu merupakan fans dari Bradley Cooper? Wajib menonton film ini! Iaberperan sebagai Chef Adam Jones yang berada di puncak karir. Tetapi, Adam justru merusak semuanya karena ketergantungan narkoba dan perempuan. Membuatnya kehilangan Michelin Star, predikat prestisius bagi chef dan restoran dan restoran. Akhirnya ia mampu bangkit dan kembali menata hidupnya dengan membuka restoran baru.

  1. Cook Up a Storm/Jue Zhan Shi Shen (2017)

Kisahnya tentang kompetisi masak antar dua chef bernama Sky dan Paul. Sky mempunyai restoran masakan Kanton bernama Seven, Paul memliki gelar Michelin. Mereka berkompetisi dalam sebuah kompetisi masak internasional. Namun, akhirnya mereka menyadari bahwa mereka memiliki kesamaan dan menciptakan fusion dengan perpaduan antara Timur dan Barat. Film ini juga bercerita tentang keluarga.

                Itulah 14 rekomendasi film tentang dunia kuliner. Mana yang menjadi favoritmu?

Referensi:

Cultura , IDNTimes , ReaderDigest

Share this Post

Share