Tips Membuat Peyek Renyah

                Makan terasa kurang lengkap jika tidak ada kerupuk atau peyek. Setuju? – Peyek termasuk suguhan favorit masyarakat Indonesia. Teksturnya renyah dan gurih, sekali gigit jadi susah berhenti makan.

                Namun, ternyata gak semua orang bisa membuat peyek kacang yang renyah. Ada yang bantat atau kacang tanah masih keras. Simak tips berikut ini agar mendapat tekstur peyek yang renyah.

  1. Tambahkan tepung sagu

Bahan utama dalam pembuatan peyek yaitu tepung beras. Namun, penggunaan tepung beras saja bisa membuat peyek jadi keras. Kamu perlu menambahkan dengan tepung sagu ke dalam adonannya. Jangan lupa selalu perhatikan takarannya!

Peyek dengan 200 gr tepung beras, tambahkan 2 sdm tepung sagu. Penggunaan tepung sagu terlalu banyak, bisa membuat peyek cepat hancur. Hati-hati!

  1. Adonan peyek jangan kental

Membuat peyek kacang tidak seperti membuat gorengan yang adonan tepungnya kental. Harus membuat adonan yang encer agar bisa melebar dan tipis saat digoreng. Jika adonan peyek kental, peyek jadi keras dan bantat. Untuk campuran tepung, gunakan santan encer. Dengan menggunakan santan encer, membuat rasa semakin gurih dibanding dengan menggunakan air. Tips lain yaitu kamu bisa menambahkan irisan daun jeruk ke dalam adonan peyek agar wanginya makin menggoda.

  1. Rendam kacang tanah semalaman lalu jemur hingga kering

Setelah membeli kacang tanah, sebaiknya direndam dalam air semalaman. Ini akan membuat kacang jadi empuk. Setelah direndam, jangan langsung dimasak. Cuci bersih terlebih dahulu, lalu jemur kacang hingga kering atau dalam keadaan suhu ruang. Jika kacang masih basah atau berair, kacang akan jadi melempem atau keras.

  1. Perhatikan cara menggoreng adonan peyek

Cara menggoreng adonan peyek yang benar, bukan menuangnya langsung ke dalam minyak, tetapi siram ke pinggir-pinggir penggorengan secara perlahan. Saat adonan kering, peyek akan mengelupas dan masuk ke dalam minyak dengan sendirinya.

  1. Jangan lupa perhatikan api kompor

Jangan lupa untuk selalu perhatikan api kompor. Gunakan api kecil hingga sedang. Jika menggunakan api besar, peyek akan cepat gosong, dan adonan peyek bisa saja belum matang. Tips lainnya yaitu goreng saat minyak benar-benar panas. Jika tidak, tepung akan menyerap banyak minyak.

  1. Saring dan lapisi tempat peyek

Ketika peyek sudah matang, jangan lupa saring sisa peyek yang masih ada di dalam minyak. Tunggu hingga minyak dari peyek tidak menetes lagi, dan letakkan dalam wadah yang telah dilapisi kertas minyak atau tisu dapur. Tujuannya, agar peyek kacang tidak berminyak.

  1. Simpan dalam toples kedap udara

Cara penyimpanan suatu makanan memang sangat krusial. Pastikan peyek kacang sudah dingin dan masukkan ke dalam wadah atau toples yang kedap udara.

Nah, itulah tujuh tips agar mendapatkan peyek kacang yang renyah. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

Share this Post

Share