6 Manfaat Air Rebusan Pasta

            Jangan dibuang ya! – Pasta terbuat dari tepung, pasta melepaskan pati ke dalam air rebusan saat mendidih dan menciptakan cairan putih yang sering dianggap ‘kotor’ pada akhirnya dibuang. Inilah kesalahan besar. Faktanya, cairan ini memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat air rebusan pasta:

  1. Membuat saus pesto

Ternyata air rebusan pasta kaya akan mineral dan vitamin. Dilansir dari laman Huffington Post, cairan itu dapat membantu membuat emulsi dan mengentalkan saus. Ketika air rebusan pasta dicampur dengan saus pasta akan menciptakan saus pasta dengan tekstur yang kental dan lembut.

  1. Pengganti sampo

Kaum hawa pasti belum tahu tentang ini! Jika kamu memiliki rambut yang tidak berkilau atau terlihat rata, coba rendam dengan air rebusan pasta selama 10 menit. Lalu, bilas dengan sampo seperti biasa, maka kamu akan mendapatkan rambut yang berkilau.

  1. Membuat adonan pizza dan roti buatan sendiri

Air mempertahankan rasa dan pati dari pasta akan memberikan rasa baru dan unik pada adonan pizza atau roti. Kamu juga dapat membuat kaldu atau sup, baik juga untuk merebus sayuran.

  1. Mengatasi kaki sakit

Panaskan air rebusan pasta hingga suhu yang nyaman, lalu letakkan kaki di dalamnya. Panas yang dikombinasikan dengan mineral akan meredakan sakit dan nyeri. Pengobatan yang cukup unik, bukan?

  1. Membersihkan piring kotor

Sebagian orang pasti berpikir bahwa menggunakan air pasta untuk mencuci piring, semakin membuat kotor. Tetapi ternyata, pati yang dilepaskan pasta akan melarutkan kotoran dan bertindak sebagai agen pembersih alami.

  1. Menyiram tanaman

Kandungan mineral dan vitamin pada air pasta, ternyata baik untuk tanaman. Pastikan kamu menghindari menyiram tanaman dengan air yang sudah diasinkan, dan biarkan dingin sebelum meletakkannya di tanah apapun.

            Sekarang kamu sudah tahu beberapa manfaat air rebusan pasta. Jangan buang air rebusan pasta ya! Dengan melakukan hal ini tentu termasuk less food waste. Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi:

Tribunnews , Viva , IDNTimes , Nakita 

Share this Post

Share

Buah atau Sayur???

            Hayo siapa yang sering bingung? &...