Kenali Macam-macam Pisau dan Fungsinya

                Beda pisau, beda fungsi? – Jika Anda seorang chef, pasti sudah “khatam” dengan berbagai jenis pisau atau setidaknya sudah mengenal beberapa. Jika bukan chef pun, tidak mungkin di rumah hanya memiliki satu pisau saja. Satu pisau yang digunakan untuk semua bahan pangan. Sebenarnya, pisau ada beberapa jenis yang telah disesuaikan dengan kegunaannya.

Berikut Indonesian Chef Association telah merangkumnya:

  1. Chef’s knife (pisau serbaguna)

Sesuai dengan namanya, pisau ini digunakan oleh para chef. Berukuran sedang dengan panjang 20-30 cm. Biasa digunakan untuk memotong daging, sayur, mencincang bawang, dll. Pisau ini serbaguna, itulah mengapa banyak juga wanita yang suka menggunakan ini.  Chef’s knife baik digunakan untuk mengiris bahan makanan, mememarkan bawang putih atau merica.

  1. Serrated knife (pisau roti)

Pisau ini digunakan untuk mengiris roti atau kue. Gerigi-gerigi halus berfungsi agar kue tidak hancur dan hasil potongan roti atau cake lebih halus dan lembut. Selain untuk memotong roti, bisa juga untuk memotong sayur yang bertekstur kulit luar licin seperti tomat, terong, dan mentimun.

  1. Slicing knife (pisau iris)

Hampir mirip dengan pisau serbaguna, tapi bentuknya lebih sempit dan tipis. Memiliki bentuk lebih panjang dan runcing. Biasa digunakan untuk mengiris kulit buah hingga setipis mungkin. Pisau iris juga sering digunakan untuk mengiris daging asap, daging ayam atau sapi agar irisannya lebih rata dan rapi. Menurut Gordon Ramsay, kunci dari menguliti ikan dan daging yaitu dengan menggunakan pisau tajam yang fleksibel. Itulah mengapa Anda harus memiliki pisau ini.

  1. Meat cleaver knife

Inilah pisau yang sering digunakan untuk memotong daging yang berukuran besar. Memilki bentuk pisau persegi panjang, meat cleaver digunakan untuk memotong daging menjadi ukuran yang lebih kecil. Ukuran cleaver yang besar juga berfungsi untuk membelah atau memotong tulang hewan yang keras. Bisa juga digunakan untuk mencincang daging, memotong sayur, mengiris atau mememarkan jahe dan bawang putih.

  1. Boning knife

Bentuk pisau ini memanjang dan lebih ramping dibandingkan pisau serbaguna. Memiliki bentuk yang kecil dan tipis, ciri khasnya yaitu melengkung dan runcing di bagian ujung. Fungsinya untuk memisahkan daging ayam dari tulangnya, bisa membuat irisan yang sangat tipis pada daging, memisahkan ikan dari tulangnya, dan membuang urat atau lemak.

  1. Cheese knife

Pisau ini berfugsi untuk memotong keju yang lunak dan agak lengket. Memiliki lubang-lubang di seluruh bagian pisau yang berfungsi agar potongan keju terlihat lebih rapi, tidak lengket, dan menempel pada pisau.

  1. Paring knife (pisau ukir)

Berukuran kecil dengan panjang 5-10 cm. Sering disebut juga dengan pisau ukir atau pisau kupas, mirip dengan chef’s knife berukuran mini. Memiliki bentuk lebih pendek dengan lekuk melengkung. Biasa digunakan untuk mengupas kulit buah dan sayur. Bisa juga untuk menyayat udang dan membuat hiasan buah dan sayur. Bentuknya yang kecil membuat pemakainya bisa fleksibel mengukir berbagai bentuk buah dan sayur sebagai hiasan hidangan.

  1. Fluting knife

Hampir sama dengan paring knife, fluting knife memiliki ukuran kurang lebih 5-10 cm berguna untuk membuat hiasan pada piring agar makanan lebih terlihat indah dan menarik untuk disajikan. Jenis pisau ini sangat membantu para chef untuk bekerja lebih cepat di hotel dan restoran. Memiliki bentuk lebih tajam dan berlekuk agar memudahkan pemakainya. Perlu diperhatikan penyimpanan untuk pisau ini. Disarankan untuk memakai rak dinding supaya bisa mengakomodasi bentuk dari pisau itu sendiri.

  1. Vegetable cleaver knife

Bentuknya hampir mirip dengan cleaver meat. Perbedaannya terletak pada mata pisaunya, vegetable cleaver memiliki mata pisau yang jauh lebih tajam. Pisau ini digunakan oleh para koki untuk memotong sayur-sayuran.

  1. Mincing knife

Bentuknya terlihat aneh dan menyeramkan, ya? Pisau melengkung ini digunakan untuk memotong-motong bahan makanan, biasanya sayuran. Cara menggunakannya yaitu memegang gagang pisau dengan kedua tangan, lalu menggerakkannya ke kiri dan ke kanan sampai sayuran yang ingin dipotong menjadi halus.

  1. Utility knife

Sekilas mirip dengan chef’s knife, namun jika dilihat seksama akan terlihat perbedaannya. Pisau ini memiliki bentuk yang lebih besar dari paring knife (pisau ukir), tetapi ukuran utility knife lebih kecil daripada chef’s knife. Pisau ini digunakan untuk segala potongan ringan serbaguna dari memotong sandwich hingga daging.

                Itulah 11 jenis pisau dengan bentuk berbeda. Ternyata perbedaan bentuk itulah yang membuat pisau memiliki fungsi yang berbeda pula. Semoga bermanfaat.

Referensi:

CentralHouseWares , Dekoruma , Fimela , Kumparan

Share this Post

Share

Tips Merebus Telur

                Siapa yan...