Jenis Rempah Kaya Akan Curcuma

Rempah Kaya Akan Curcuma

                Wajib konsumsi ini setiap hari – Curcuma merupakan zat alami yang banyak terkandung dalam jahe, temulawak, dan kunyit. Rempah-rempah khas Indonesia ini dipercaya mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh. Selain bisa dinikmati dalam bentuk racikan teh atau jamu, rempah ini juga sering digunakan untuk berbagai macam kuliner nusantara. Bahkan, saat ini ada yang mengolahnya menjadi camilan nikmat kaya manfaat.

  1. Wedang

Wedang jahe terbuat dari rebusan jahe dan gula merah, namun wedang bisa diracik menjadi beragam kreasi. Jahe sebagai bahan utama, tentu minuman ini kaya akan zat curcumin. Anda bisa membuat sendiri atau membeli racikan, seperti wedang uwuh, wedang kacang, wedang ronde, hingga wedang susu.

Mengonsumsi wedang hangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun mengobati masuk angin dan kembung. Proses pembuatannya pun mudah, bisa diracik sendiri dan dikonsumsi setiap hari.

  1. Jamu temulawak

Rimpang temulawak juga tinggi curcuma. Tampilan temulawak mirip dengan kunyit. Temulawak mengandung kurkuminoid, protein, lemak, minyak atsiri, pati, selulosa, dan mineral. Rempah ini sering dijadikan jamu. Dulu, temulawak dikenal sebagai jamu penambah nafsu makan, namun kini lebih populer sebagai jamu penambah sistem kekebalan tubuh. Memiliki nama ilmiah Curcuma Xanthorrhiza, bisa diolah dengan cara direbus bersama rempah lannya, lalu airnya dikonsumsi.

Selain untuk menangkal virus, temulawak memiliki khasiat mulai dari meredakan nyeri, pencegah keracunan empedu, hingga membersihkan darah. Bahkan, jamu temulawak kini sudah diproduksi dan dijual massal dalam bentuk yang mudah dikonsumsi.

  1. Sereh

Serai atau sereh mengandung beragam nutrisi seperti vitamin B, kalium, magnesium, dan zat besi. Sereh juga mengandung curcumin. Manfaat sereh yaitu mampu menangkal radikal bebas, meredakan demam dan batuk, mengontol tekanan darah, hingga sakit kepala. Cara pengolahannya seperti dicampurkan dengan teh atau merebusnya dengan bahan rempah lainnya.

  1. Kunyit

Kunyit sering digunakan sebagai bumbu masakan, jamu atau dimanfaatkan untuk produk kecantikan, dan pewarna pada makanan. Ekstrak kunyit bisa diproduksi sebagai suplemen makanan berbentuk kapsul. Rempah ini memiliki antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat kunyit yaitu mampu membantu penyembuhan beberapa masalah kesehatan seperti maag, perut kembung, hingga nyeri haid.

 

Referensi:

Detik , Merdeka , Republika

Share this Post

Share