10 Makanan Tinggi Potasium

10 Makanan Tinggi Potasium

                Apa saja? – Potasium atau dikenal juga dengan kalium merupakan salah satu mineral penting yang diperlukan tubuh untuk memecah karbohidrat, membentuk otot, hingga mengatur keseimbangan pH dalam tubuh. Studi menunjukkan, dengan meningkatkan asupan potasium dan mengurangi sodium mampu mengurangi risiko stoke sebanyak 21% dan mengurangi risiko penyakit jantung. Orang dewasa membutuhkan 4.700 mg potasium per hari. Nah, pastikan potasium yang kamu konsumsi cukup, sebaiknya konsumsi makanan-makanan ini:

  1. Kentang

Salah satu sumber potasium terbesar. Kamu bisa mengonsumsi 1-2 porsi kentang sebagai pengganti karbohidrat. Dalam satu porsi kentang mampu memberikan sekitar 941 mg potasium. Usahakan untuk tidak menambahkan garam ketika mengolah kentang.

  1. Ubi

Dilansir dari Women’s Heath, satu buah ubi mengandung sekitar 542 mg potasium dan hanya 131 kalori. Ubi juga kaya akan serat, beta-karoten, dan karbohidrat. Konsumsi ubi dapat meningkatkan sistem kekebalan serta memperlancar sistem metabolisme. Cara pengolahannya lebih baik dikukus, jika digoreng, jangan gunakan minyak yang banyak.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak senuh yang sering dikonsumsi saat diet. Dalam satu buah alpukat terdapat sekitar 975 mg potasium.

  1. Pisang

Dikutip dari Health Line, satu pisang dengan berat 125 gr mengandung sekitar 450 mg potasium. Pisang juga sebagai sumber energi yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga atau pasca latihan.

  1. Saus tomat

Tomat memiliki banyak manfaat yaitu mampu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kulit, hingga diabetes. Selain itu, tomat bisa dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Jika ingin kandungan potasium yang tinggi, tomat perlu diolah menjadi saus. Dalam seperempat mangkuk mengandung 664 mg potasium. Jika dijus, mengandung 400 mg potasium. Tomat juga mengandung vitamin C yang tinggi. Perpaduan vitamin C dan potasium berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah kekurangan elektrolit.

  1. Ikan

Ikan yang mengandung potasium tinggi yaitu ikan halibut dan tuna, sekitar 500 mg potasium untuk setiap 85 gr sajiannya. Selain kandungan potasium, ikan mengandung lemak sehat yang tinggi mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Kacang kedelai

Sering dijadikan sumber protein bagi para vegetarian. Kacang kedelai mampu melawan inflamasi dalam tubuh. Diketahui bahwa dalam setengah mangkuk mengandung hampir 500 mg potasium.

  1. Susu

Disadari atau tidak, ternyata susu mengandung potasium yang baik. Dalam satu mangkuk, susu mengandung 382 mg potasium.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi bagi tubuh. Mengonsumsi sayuran hijau mampu menyuplai serat yang banyak dan protein. Kandungan potasiumnya juga cukup banyak. Dalam satu takaran bayam mengandung sekitar 838 mg potasium.

  1. Lentil

Lentil merupakan salah satu pengganti protein yang sangat baik. Makanan ini sudah tidak asing lagi bagi para vegetarian. Mengonsumsi lentil juga mampu membantu tubuh dalam menurunkan kadar garam berlebih. Satu takaran saji lentil mengandung skeitar 731 mg potasium.

Manfaat potasium, diantaranya yaitu:

  • Membuat cairan dalam tubuh menjadi lebih seimbang.
  • Sebagai aktvator dari saraf. Jika tubuh tidak memiliki mineral yang cukup, akan terjadi gangguan pada saraf.
  • Kontraksi dan kemampuan dari otot.
  • Mampu menstabilkan tekanan darah.
  • Menurunkan risiko stroke.
  • Mampu mencegah osteoporosis.
  • Menurunkan risiko batu ginjal.

Itulah 10 makanan yang mengandung potasium tinggi dan beberapa manfaat memiliki potasium yang cukup di dalam tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi:

Kumparan , Doktersehat , DetikHealth , Merdeka

Share this Post

Share

Cara Baru Makan Nanas

            Ada-ada saja ya? – Beberapa...

Buah atau Sayur???

            Hayo siapa yang sering bingung? &...