Musim Buah di Bulan Januari

                Buah apa saja yang musim di bulan Januari? – Sepanjang tahun, musim buah di Indonesia bergantian. Ketika musim buah A, maka buah A yang ramai dijual di pasaran. Begitu pula buah lainnya. Selain itu, rasa dan kualitas ketika musim buah A lebih baik dibanding ketika tidak sedang musim.

Berikut beberapa buah yang musim di bulan Januari.

  • Berbuah banyak
  1. Manggis

Buah berwarna merah keunguan, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan disebut sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung anti inflamasi dan antioksidan. Bahkan, di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Rasanya menyegarkan, manis bercampur asam.

  1. Rambutan

Buah rambutan kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Dagingnya menyediakan sekitar 1,3-2 gr total serat per 3,5 ons (100 gram). Buah rambutan ini kaya akan vitamin C, nutrisi yang membantu tubuh mampu menyerap zat besi lebih mudah. Vitamin ini juga bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Mengonsumsi 5-6 buah rambutan akan memenuhi 50% dari kebutuhan vitamin C harian.

  1. Alpukat

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah alpukat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

  1. Kedondong

Kedondong adalah tanaman buah yang tergolong ke dalam suku mangga-manggaan. Kedondong ini merupakan tanaman buah yang umumnya banyak sekali terdapat di seluruh daerah tropis dan termasuk kedalam angiospermae. Kedondong sangat cocok diolah menjadi rujak buah dan manisan.

  1. Salak

Selain rasanya yang manis dan sedikit asam, salak merupakan sumber nutrisi, vitamin dan mineral yang baik. Mengonsumsi 100 gr salak mengandung 3,9 mg zat besi; 0,2 mg vitamin B2; 8,4 mg vitamin C; 12,1 g karbohidrat; 38 mg kalsium; 18 mg fosfor; 0,8 g protein; 0,4 g lemak total dan 0,3 g dari total serat pangan.

Buah salak mengandung nutrisi seperti protein, beta-karoten, vitamin C, serat makanan, zat besi, kalsium, fosfor dan karbohidrat yang bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Buah ini juga mengandung antioksidan kuat dan bekerja dengan baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, bahkan kanker.

 

  1. Durian

Nama durian ini diambil dari kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, tetapi sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

  1. Sawo

Sawo adalah salah satu buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia. Ada banyak manfaat sawo bagi kesehatan tubuh di balik cita rasanya yang manis, seperti menurunkan kadar gula darah dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  1. Belimbing

Buah ini dikenal dengan rasa asam manisnya yang khas dan menyegarkan. Buah belimbing kaya akan serat dan vitamin C. Dalam satu buah belimbing berukuran sedang (90 gr) mengandung 3 gr serat, 1 gr protein, serta dapat memenuhi 52% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Selain kaya serat dan vitamin, buah belimbing juga dikenal rendah kalori. Dalam satu buah belimbing berukuran sedang, terdapat sekitar 30 kalori dan 5 gr karbohidrat. Buah belimbing juga mengandung mineral yang baik bagi kesehatan di antaranya adalah zat besi, magnesium, mangan, potasium, β-karoten, serta sejumlah vitamin, mulai dari vitamin A, B9 (asam folat), B3 (niasin), dan vitamin C (asam L-askorbat).

 

  • Masa panen setahun
  1. Nangka

Tekstur kulit nangka sedikit berduri dan warnanya hijau kekuningan, sedangkan dagingnya berwarna kuning dan memiliki aroma yang khas. Selain buahnya, kamu juga bisa mengonsumsi biji nangka. Dalam 100-150 gr buah nangka mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, mineral, dan sedikit lemak.

  1. Pepaya

Pepaya mengandung banyak sekali nutrisi, bahkan sangat kaya akan vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Tidak hanya itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium.

  1. Pisang

Pisang termasuk salah satu buah yang tidak mengenal musim. Sehingga, bisa dijumpai sepanjang tahun. Pisang mengandung vitamin C, vitamin B6, mineral magnesium, serta kalium atau potasium. Selain itu, pisang juga kaya akan antikosidan, tembaga, mangan, dan zat gizi lainnya.

Nah, itulah beberapa macam buah yang sedang musim di bulan Januari. Di saat pandemi seperti saat ini, pastikan untuk selalu mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

Referensi:

Brilio, Hipwee, IDNTimes, Liputan6 

Share this Post

Share