Yuk Kenali Minuman Sarabba

              Apa nih minuman favoritmu di kala hujan? – Memasuki musim hujan seperti sekarang memang paling enak menikmati minuman yang mampu menghangatkan tubuh sekaligus menambah stamina. Sarabba menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk dikonsumsi. Minuman ini mudah ditemui di Manado, Makassar, Kendari dan beberapa daerah Sulawesi lainnya.

              Berwarna kecoklatan yang merupakan hasil campuran bahan-bahan alami. Seperti jahe, gula aren, merica bubuk, santan, dan kuning telur. Biasa ditambahkan cengkeh dan kayu manis. Beberapa orang menyebut bahwa sarabba mirip dengan wedang jahe Jawa. Perbedaannya yaitu sarabba memiliki tekstur lebih kental karena ada tambahan santan dan gula aren.

              Kombinasi berbagai rempah inilah yang membuat sarabba mampu menjadi penawar disaat badan kurang sehat, flu, perut kembung, masuk angin. Bahkan, Sarabba juga mampu melancarkan peredaran darah.

              Bisa dinikmati bersama jajanan khas Makassar seperti kue apem, pisang epe, pisang goreng, atau ubi goreng. Proses pembuatan sarabba. Pertama rebus air hingga mendidih kemudian masukkan gula merah, jahe, dan merica dan biarkan selama 20 menit. Ketika aroma jahe mulai tercium, kecilkan api dan masukkan santan kental sambil terus diaduk. Sarabba original ini bisa langsung disajikan atau ditambah susu atau telur sesuai selera.

Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat. Yuk lestarikan kuliner Indonesia.

 

Share this Post

Share