International Fruit Day

International Fruit Day

                Ada loh perayaan hari buah internasional – Tahukah kamu? Hari Buah Internasional (International Fruit Day) diperingati setiap tanggal 1 Juli. Peringatan ini dirayakan pertama kali pada 2007 di Berlin, Jerman. Awalnya, ini diperingati untuk berbagi buah dan sayur dengan sesama dalam sebuah hidangan makanan agar tercipta solidaritas, kini, seluruh dunia sudah melaksanakan Hari Buah Internasional. Banyak sekali manfaat yang didapat ketika kita mengonsumsi buah dan khasiatnya berbeda-beda di tiap buah.

Indonesia sebagai negara tropis, memiliki varian buah yang sangat beragam. Potensi alam Indonesia sangat mendukung untuk berkembangnya buah-buahan tropis, sehingga mampu menjadi komoditas unggulan, karena Indonesia memiliki iklim dan lahan yang memungkinkan pada musim panen akan berbeda antar daerah. Namun, buah-buahan impor masih membanjiri pasar domestik. Ada anggapan bahwa buah lokal itu memiliki gizi yang rendah.

Kabar tersebut pun dibantahkan oleh Leona Victoria Djajadi, MND, seorang nutrisionis lulusan University of Sydney, Australia. Ia menyebutkan bahwa semua buah pasti ada gizinya, meskipun variasi nilai gizinya tidak terlalu signifikan. Buah lokal biasanya lebih ramah lingkungan dan murah, karena faktor biaya kirim yang lebih rendah.

Yuk, lebih akrab dengan buah-buahan lokal dan jadikan sebagai konsumsi harian. Konsumsi minimal dua porsi per hari. Biasakan untuk selalu memasukkan buah di daftar belanja, terutama buah yang sedang musim karena lebih murah, rasanya manis dan gizinya tinggi. Apa saja musim buah di bulan Juli? Berikut daftarnya.

Berbuah banyak: kesemek, belimbing, melon, jambu mete, jeruk manis, dan sirsak.

Berbuah sedikit: jambu bol, jambu air, jambu biji, alpukat, kedondong, dan jeruk Bali.

Berbuah dalam kurun waktu 12 bulan: nangka, pepaya, dan pisang.

                Nah, apakah buah favoritmu akan panen di bulan ini? Jangan lupa makan buah. Selamat hari buah internasional!

Referensi:

Brilio, Hipwee, IDNTimes, Kemkes, Liputan6, Suara

Share this Post

Share