6 Keuntungan Menjadi Chef

Butuh banyak perjuangan dan pengorbanan - Banyak kaum muda saat ini yang mengidamkan menjadi seorang chef profesional. Mereka berpikir ini adalah profesi yang keren dan menyenangkan. Namun, kamu harus tahu bahwa menjadi seorang chef tidaklah mudah seperti yang terlihat. Membutuhkan banyak kerja keras dan waktu yang panjang. Biasanya karier seorang chef dimulai dari tingkatan terbawah, sebagai cook helper/kitchen assistant.

Berikut keuntungan menjadi seorang chef:

  1. Dapat tampil di layar kaca

Saat ini, profesi chef tidak hanya berkutat di dapur saja. Tetapi, juga merambah di televisi. Sejak maraknya acara kuliner seperti kompetisi memasak menjadikan chef ‘memiliki tempat’ di layar kaca. Para chef yang tampil di layar kaca bukan chef sembarangan, tentunya memiliki kiprah kerja fantastis di dunia kuliner selama bertahun-tahun, memiliki restoran, dan pengalaman lainnya. Pasti ada kebanggaan tersendiri ketika dapat tampil di televisi.

  1. Profesi yang tidak pernah mati

Dikarenakan manusia selalu membutuhkan makan sepanjang hidupnya, profesi ini tidak akan ada matinya. Ditambah banyaknya restoran, cafe, dan rumah makan yang mudah ditemui dimana saja. Jika kamu sungguh-sungguh menekuni bidang kuliner, dijamin tidak akan menganggur.

  1. Pekerjaan yang mulia

Menjadi seorang chef termasuk pekerjaan yang mulia. Ia memasak dengan sepenuh hati serta selalu berusaha menyajikan hidangan terbaik untuk para pelanggan. Profesi ini membutuhkan manajemen waktu yang baik dan kesabaran tinggi. Percoban berkali-kali pun rela dilakukan hanya demi sepiring hidangan. Visi utama bagi chef yaitu membuat pelanggan puas terhadap apa yang disantapnya.

  1. Dapat mahir di bidang lain

Profesi chef tidak hanya mahir dalam hal memasak saja. Secara tidak langsung, chef tahu mengenai kandungan gizi pada masakan yang akan dihidangkannya. Mereka juga dapat menjadi konsultan makanan dan minuman, menjual resep andalan, dan mendapat komisi dari setiap penjualan menu resep tersebut.

  1. Gaji menarik

Ternyata chef memiliki gaji yang lumayan loh! Chef yang bekerja di cafe biasanya digaji sekitar 3 juta rupiah. Sedangkan, chef yang lulusan luar negeri, gajinya bisa 10-25 juta rupiah. Bahkan, tidak jarang pula seorang chef digaji dengan mata uang dollar. Perlu kamu ingat, bahwa mencapai pada titik ini tidak mudah, butuh ekstra kerja keras dan disiplin yang tinggi.

  1. Berkesempatan travelling

Menjadi chef yang sudah dikenal banyak orang atau biasa disebut celebrity chef memberikan kesempatan untuk keliling Indonesia, bahkan dunia. Diundang untuk demo masak atau menghadiri event merupakan hal biasa. Berpindah dari satu kota ke kota lain, negara satu ke negara lain. Menyenangkan bukan? Melakukan hal yang disuka, bekerja sambil travelling. Mirip pepatah menyelam sambil minum air.

Nah itulah 6 keuntungan menjadi seorang chef. Tentu di balik hal-hal menyenangkan di atas membutuhkan kerja keras, waktu yang panjang, disiplin, dan daya kreativitas tinggi. Untuk kamu yang ingin menjadi seorang chef, jangan lupa asah terus kemampuan mu dan semangat berjuang! Hasil tidak akan menghianati usaha.

Share this Post

Share