Tips Agar Daging Ikan Tidak Hancur Ketika Dibakar

            Sering memasak ikan bakar di rumah? – Momen pergantian malam tahun baru memang sudah lewat, namun tak ada salahnya mengetahui tips dan trik memasak ikan bakar agar dagingnya tidak hancur. Sering kesal sendiri bukan ketika membakar ikan, daging ikannya malah rusak dan hancur? Permasalahan lainnya, ikan yang dibakar bisa lengket dengan alat pemanggang. Indonesian Chef Association akan memberi beberapa tips agar daging ikan tidak hancur ketika dibakar. Apa saja?

  1. Pilih ikan dengan kulit dan daging tebal

Ada beberapa jenis ikan yang cocok dijadikan ikan bakar, seperti ikan bawal, gurami, dan kakap. Ini dikarenakan ikan-ikan tersebut memiliki kulit dan daging yang tebal, sehingga tidak mudah hancur. Jika ikan mujair, lele, atau nila, akan mudah hancur.

  1. Olesi minyak

Minyak akan membuat permukaan daging ikan tidak langsung terkena panas dan membuat licin, sehingga tidak mudah menempel pada alat pemanggang. Olesi tipis-tipis, yang penting semua permukaan ikan terolesi. Bisa juga menambahkan minyak pada bumbu saat ikan direndam.

  1. Bakar dulu tanpa bumbu

Jangan langsung masak ikan bakar dengan bumbunya, karena rentan hangus dan hancur sebelum ikan matang sempurna. Nah, untuk menanggulanginya, bakar ikan tanpa bumbu, setelah itu olesi bumbu ketika sudah setengah matang.

  1. Jangan langsung terkena bara api

Trik ini mungkin tidak banyak diketahui. Sebelum membakar ikan, jangan langsung menaruh ikan di atas bara api, sebaiknya alasi terlebih dahulu dengan aluminium foil atau daun pisang agar daging ikan tidak hangus yang bisa menyebabkan hancur atau menempel di alat penjapit. Terutama untuk ikan yang memiliki kulit tipis.

  1. Goreng dulu

Jika tetap ingin membakar ikan yang memiliki kulit tipis seperti nila, bandeng, atau lele, sebaiknya goreng terlebih dahulu hingga permukaannya cukup kering. Ini dilakukan agar daging ikan tidak hancur.

  1. Perhatikan pencapit dan besi alat pembakaran

Segera bersihkan terlebih dahulu jika masih terdapat noda bekas arang. Jika tidak dibersihkan, noda itu akan menempel pada ikan yang baru dibakar. Ketika capitan dibuka kulit dan daging ikan akan menempel pada besinya.

  1. Perhatikan besar api

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan besar api saat masak ikan bakar. Ada kalanya api tiba-tiba membesar di tengah proses pembakaran. Jika itu terjadi, langsung angkat ikan dan tunggu hingga api mereda, lalu lanjutkan proses pembakaran.

  1. Proses pembakaran

Proses pembakaran ikan dilakukan sambil sesekali dibolak-balik agar ikan matang dengan rata sempurna dan tidak hangus. Jika ikan bakar tampak kering, olesi bumbu yang masih tersisa agar lebih meresap pada ikan, proses masak ikan bakar sekitar 15 menit.

Jangan salah lagi ya! Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi:

Fimela , Netralnews , Sajiansedap , Unsplash

Share this Post

Share

Tren Produk Bakery

Dunia kuliner juga memiliki tren sendiri loh! – Dunia kuliner memang tidak pernah ada habisnya...