12 Manfaat Cranberry yang Wajib Kamu Ketahui

                Sering mengonsumsi cranberry? – Cranberry termasuk dalam buah-buahan berry yang kaya gizi dan nutrisi. Buah ini berwarna merah, ukurannya kecil, dan memiliki rasa asam dengan sedikit manis. Rasa asam inilah yang membuat buah cranberry jarang dikonsumsi secara mentah. Sebagian orang mengonsumsi cranberry dengan cara dijus dan ditambah sedikit pemanis atau dicampur dengan buah lain.

Selain itu, buah cranberry ini rendah kalori dan gula, jadi aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Cranberry mengandung 46 kalori, 0 gram lemak, 12 gram karbohidrat, 4 gram serat, 4 gram protein; 0,002 gram sodium; 25% vitamin C; 9% vitamin A; 2% potasium; 1% kalsium; Antioksidan. Kandungan nutrisi buah cranberry segar berbeda dengan buah cranberry kering karena cranberry kering biasanya sudah ditambah lebih banyak gula.

                Berikut beberapa manfaat mengonsumsi cranberry:

  1. Mencegah resistensi antibiotik

Penelitian yang dilakukan oleh McGill, Canada, para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak buah cranberry mampu mencegah terjadinya resistensi bakteri berkembang. Para peneliti memilih beberapa bakteri penyebab infeksi saluran kemih, pneumonia, dan gastroenteritis yang biasanya menjadi resisten terhadap pengobatan antibiotik.

Buah ini membuat dinding sel bakteri lebih mudah ditembus oleh antibotik, sehingga bakteri kesulitan memompa antibiotik untuk keluar. Akan tetapi, studi ini masih tergolong sebagai penelitian awal, sehingga membutuhkan kajian lebih lanjut.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Buah cranberry terbukti mampu meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah, sehingga dapat memperlancar sirkulasi dan aliran darah. Sirkulasi darah berjalan lancar juga berkontribusi dalam berkontribusi dalam meningkatkan energi dan fungsi kognitif. Buah cranberry juga mampu menurunkan tekanan darah.

  1. Mencegah infeksi saluran kemih

Manfaat buah cranberry yang populer yaitu dapat mencegah infeksi saluran kemih (ISK), pada anak-anak maupun wanita. Kandungan proanthocyanidins yang tinggi mampu membantu menurunkan kemampuan bakteri untuk menempel pada dinding saluran kemih dan mencegah terjadinya infeksi. Namun, dibutuhkan konsentrasi cranberry yang besar.

  1. Mencegah kanker

Buah cranberry ini mengandung polifenol (sejenis antioksidan) dan isoprenoid, keduanya dapat berkontribusi pada pencegahan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi buah cranberry dapat bermanfaat dalam memperlambat perkembangan tumor dan menunjukkan efek positif terhadap kanker payudara, prostat, hari, usus besar, hingga kanker ovarium.

  1. Melawan radikal bebas

Sebuah studi di tahun 2011 membuktikan bahwa buah cranberry segar memiliki antioksidan aktif dengan pH yang lebih rendah, hal itu berarti kandungan pada buah cranberry dapat melawan radikal bebas.

  1. Mencegah kerusakan pada gigi

Ternyata buah cranberry ini juga bisa membantu mencegah penyakit gusi. Bersumber dari kandungan proanthocyanidins, senyawa pemberi warna merah dan biru pada buah yang berguna untuk menangkal infeksi. Senyawa ini mampu mencegah bakteri yang menempel pada permukaan mulut, seperti di gigi dan gusi.

  1. Meningkatkan kemampuan otak

Senyawa antioksidan dan anti peradangan dalam buah cranberry mampu meningkatkan daya ingat dan koordinasi. Jadi, konsumsilah buah cranberry secara rutin.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan polifenol dalam buah cranberry berpotensi untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang dilakukan pada 2011 menemukan bahwa orang yang meminum  jus cranberry memiliki total LDL atau kolesterol jahat yang lebih rendah. Penelitian lainnya di tahun yang sama menemukan bahwa jus cranberry berpotensi untuk meningkatkan kesehatan pada penderita arteri koroner.

  1. Menurunkan berat badan

Cranberry memliki efek pengemulsi pada lemak yang tersimpan dalam tubuh, sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Buah ini juga tinggi serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga, bisa membuat kenyang lebih lama. Akan tetapi, pengolahannya harus tepat. Lebih baik mengonsumsi buah cranberry langsung, bukan diolah menjadi jus, dsb.

  1. Mengontrol gula darah

Kadar gula dalam buah cranberry tergolong rendah. Buah ini juga dapat mengendalikan gula darah, karena mengandung mineral mangan. Penelitan dalam Journal of Research in Medical Science mengungkap bahwa mengonsumsi buah cranberry setiap hari membantu mengatur gula darah pada pasien pria yang memiliki diabetes tipe 2.

Konsumsi  cranberry  tidak  dianjurkan  bagi  orang  yang  mengidap  oliguria (kurangnya  produksi  urine),  anuria,  atau  terlalu  sensitif terhadap herbal ini.

  1. Kesehatan pasca menopause

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah cranberry setiap hari dapat mengurangi kolesterol, khususnya pada orang yang sudah menopause, dimana risiko gangguan pada jantung lebih tinggi dibandingkan orang yang belum menopause.

  1. Tinggi antioksidan

Penelitian membuktikan bahwa kandungan fenol yang merupakan salah satu tipe antioksidan di buah cranberry adalah kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan dengan 20 jenis buah serupa.

Nah, itulah 12 manfaat buah cranberry. Masih banyak manfaaat yang didapat dari buah kecil berwarna merah ini. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

 

Referensi:

Health, WomensHealthMag, FoodNdtv, Liputan6, Detik

 

Share this Post

Share