Kuliner Indonesia dengan Kremesan

              Renyahnya bikin nagih! – Kremesan merupakan adonan tepung yang digoreng garing dan biasa digunakan untuk melengkapi berbagai hidangan. Bahan ini akrab di lidah masyarakat Indonesia, karena bisa memberikan sensasi kriuk yang nikmat.

              Kremesan terdiri dari dua jenis yaitu asin dan manis. Simak makanan Indonesia berikut yang menggunakan kremesan.

  1. Ayam kremes

Pasti sudah tidak asing lagi bukan? Makanan ini sudah sangat populer di Indonesia. Paduan daging ayam lembut dengan renyahnya adonan tepung ditambah dengan nasi hangat dan sambal. Lezat sekali bukan?

Ayam yang akan diolah, dimarinasi terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu bawang dan kunyit. Kremesan terbuat dari tepung tapioca, tepung beras, santan, kaldu, kuning telur, dan bubuk pengembang yang digoreng hingga kecoklatan. Jika kamu penggemar ayam dan bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja, ayam kremes bisa jadi pilihanmu.

  1. Pisang goreng kremes

Makan pisang goreng saja sudah nikmat. Apalagi jika ditambah dengan lapisan dari kremesan. Dijamin makin mantap! Tambahkan vanilla dalam adonan pelapis pisang goreng dan kremesan perlu ditambah gula. Masukkan adonan kremesan dulu ke dalam minyak, lalu dengan pisang agar tertutup dengan baik.

  1. Ikan goreng kremes

Indonesia yang notabene-nya negara kepulauan, tentu ikan menjadi salah satu makanan favorit. Berbagai macam olahan tersaji dengan menggunakan bahan ini. Beberapa ikan yang bisa diberi kremesan yaitu ikan nila, ikan kembung, lele, gurami. Pastikan sebelum digoreng, ikan telah diberi bumbu bawang, ketumbar, perasa dan lainnya. Hal itu dilakukan untuk mengurangi bau amis pada ikan.

  1. Tahu kremes

Tahu goreng biasa dijadikan teman minum teh atau kopi. Sensasi lembut dan renyah tahu bikin ketagihan. Proses memasaknya yaitu masukkan adonan kremesan terlebih dahulu ke dalam wajan, lalu tambahkan tahu dan masak bebarengan. Bila sudah matang, lipat kremesan dan angkat hidangan.

  1. Paru kremes

Pada umumnya, paru diolah dengan cara digoreng. Akan tetapi, kali ini proses penggorengan dapat dilakukan dua kali. Pertama, goreng setengah matang, lalu dimasak bersamaan dengan adonan kremesan yang gurih. Tekstur paru dan tekstur kremesan saling melengkapi dan membuatnya pas ketika disantap sebagai lauk utama.

  1. Buntut goreng kremes

Biasa dijadikan sop, nah kali ini coba hidangkan buntut goreng dengan ditambah kremesan. Bagi pencinta pedas, bisa dimasak jadi buntut goreng kremes sambal balado. Cita rasa pedas yang nagih bikin tak bisa berhenti makan.

  1. Otak-otak kremes

Otak otak yang biasa disajikan dengan dibakar, yuk coba kreasi otak-otak yang digoreng. Otak-otak goreng kremes akan lebih gurih dan nikmat disajikan dengan sambal kacang.

Nah, itulah 7 makan Indonesia yang disajikan dengan kremesan. Tertarik mencicipi yang mana? Yuk terus cintai kuliner nusantara.

 

Referensi:

IDNTimes

Share this Post

Share

Bahan Pangan Organik

            Apa benar produk pangan organik i...

Buah atau Sayur???

            Hayo siapa yang sering bingung? &...