Kenali Kuliner Khas Jawa Timur

Apa kamu termasuk pencinta kuliner nusantara? – Indonesia kaya akan makanan khas yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Jika mengunjungi suatu daerah di Indonesia, rasanya patut untuk mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Tak terkecuali makanan khas Jawa Timur. Makanan khas provinsi ini memiliki cita rasa gurih dan cenderung pedas. Namun, jika kamu bukan penyuka makanan pedas, ada pilihan makanan lain.

Berikut beberapa macam makanan khas Jawa Timur yang wajib dicoba:

  1. Rawon

Hidangan satu ini identik dengan kuah berwarna hitam. Warna hitam ini didapat dari bumbu khas yaitu kluwek. Biasa disajikan dengan nasi putih, kerupuk, lauk pelengkap seperti ikan asin.

  1. Lontong kupang

Lontong kupang mudah ditemui di Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan. Untuk kamu yang berada di pesisir Jawa Timur juga mudah untuk menemukan hidangan ini. Terbuat dari kupang putih yaitu sejenis hewan laut seperti kerang. Kupang dimasak dengan beragam bumbu yang menggugah selera.

  1. Pecel Madiun

Makanan ini terbuat dari beraneka macam sayuran rebus dan diberi bumbu sambal kacang. jenis sayurannya yaitu taoge, kacang panjang, timun, daun singkong, dll.

  1. Rujak cingur

Makanan ini berasal dari kota Pahlawan, Surabaya. Cingur merupakan daging pada mulut sapi yang direbus, lalu dicampur dengan irisan tempe, timun, tahu, nanas, lontong, sayuran, bumbu kacang, dan petis.

  1. Soto lamongan

Jika dilihat sekilas, tampilan makanan ini hampir sama dengan soto pada umumnya. Perbedaannya yaitu adanya tambahan koya. Koya merupakan jenis bubuk gurih yang terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang.

  1. Nasi tempong

Nasi tempong merupakan makanan tradisional khas Banyuwangi, Jawa Timur. Isi dari makanan ini yaitu sayuran rebus, tahu goreng, tempe goreng, nasi panas, ikan asin, dadar jagung, dilengkapi dengan sambal mentah. Bakso Malang

Siapa yang tidak tahu bakso? Makanan ini hampir ada di tiap kota di Indonesia. Tapi, berbeda dengan bakso Malang yang memiliki cita rasa sangat nikmat dan khas. Salah satu ciri khasnya yaitu menggunakan mi mirip soun, tetapi warna dari mi ini berwarna biru kehijauan.

  1. Nasi tumpang

Nasi tumpang merupakan makanan khas Kediri, Jawa Timur. Nama ini diambil dari sambal yang digunakan yaitu sambal tumpeng. Sambal terbuat dari tempe yang sudah basi. Tempe dimasak dengan ayam atau rambak (kerupuk kulit sapi). Rasanya pedas dengan sensasi segar aroma kencur dan daun jeruk.

  1. Lontong balap

Lontong balap berisi lontong yang diiris dan diberi irisan tahu, remasan lentho, dan taoge. Diberi nama balap karena zaman dulu. Para penjual lontong saling berebut pembeli yang ada di pasar. Pada akhirnya, para penjual lontong ini terkesan ‘balapan’ agar tercapai tujuan akhirnya, yaitu pasar Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur.

Lontong balap terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge, petis, dan kecap yang disiram dengan kuah gurih. Biasa dihidangkan dengan sate kerang dan lentho yang terbuat dari kacang tolo.

  1. Nasi krawu

Nasi krawu merupakan makanan khas Gresik yang disajikan dengan menggunakan daun pisang. Dalam nasi krawu terdapat isian berupa daging sapi, seperti jeroan sapi, semur daging, sambal terasi, dan serundeng.

  1. Pecel semanggi

Pecel semanggi adalah makanan khas Surabaya. Semanggi merupakan tanaman sejenis paku air yang mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Pecel semanggi dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan dinikmati bersama sambal pedas dan kerupuk.

  1. Lodho ayam

Salah satu makanan khas Tulungagung. Makanan ini memiliki dua jenis cara masak yaitu lodho dengan kuah encer dan lodho dengan kuah kental. Terbuat dari bahan utama ayam yang dimasak dengan resep dan bumbu turun temurun. Bumbu yang digunakan yaitu ketumbar, jintan, lada, serai, cabai, laos, daun jeruk purut, kencur, kunyit, bawang merah, dan bawang putih.

  1. Rujak soto

Makanan khas Jawa Timur yang berasal dari Banyuwangi. Rujak soto merupakan perpaduan antara rujak dan soto kuning. Hidangan ini termasuk salah satu makanan khas Jawa Timur yang disukai banyak orang.

  1. Gado-gado

Gado-gado terkenal dengan kelezatan cita rasanya. Tak hanya orang Indonesia, para wisatawan mancanegara pun mengakui kelezatan hidangan ini. Selain itu, gado-gado juga termasuk makanan sehat yang patut dikonsumsi. Makanan ini terdiri dari kentang, sayuran rebus, tahu, tempe, telur, tomat, dll yang disiram dengan menggunakan saus kacang.

  1. Tahu tek

Tahu tek terbuat dari tahu goreng setengah matang yang dipadukan dengan bahan lainnya, seperti taoge, kentang goreng, potongan lontong, timun.

  1. Tahu campur

Selain tahu tek, ada pula hidangan khas Jawa Timur berbahan dasar tahu lainnya yaitu tahu campur. Hidangan ini termasuk makanan khas Surabaya dan Lamongan. Terdiri dari taoge, selada, lontong, mie kuning, tahu goreng, dan potongan lentho yang terbuat dari singkong. Kemudian, disiram dengan kuah kaldu tetelan sapi yang gurih.

  1. Sate Madura

Sate Madura bisa kamu temui hampir di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Pada dasarnya, sate Madura tidak hanya terbuat dari ayam saja, ada juga sate kambing yang tak kalah lezat. Proses pemangangan sate ini biasanya menggunakan batok kelapa, sehingga menghasilkan rasa yang nikmat dan khas.

Nah, itulah 16 makanan khas JawaTimur yang berhasil Indonesian Chef Association rangkum. Kalau kamu berkunjung di daerah Jawa Timur, jangan lupa cicip makanan-makanan di atas ya!

 

Referensi:

DetikFood, IDNTimes, INews, Liputan6

 

 

Share this Post

Share