Asal Usul Sebutan Celebrity  Chef

Siapa celebrity chef yang Anda tahu? - Kata chef berasal dari bahasa Perancis chef de cuisine yang artinya kitchen director atau orang-orang yang bertanggung jawab di dapur. Chef mengatur segala sesuatu yang ada di dapur, dari mulai menentukan menu, kreasi masakan, memilih bahan-bahan baku, persiapan masak, hingga hasil akhir masakan dengan standar tinggi. Menurut Wikipedia, koki dan chef tidak dapat disamakan. Koki merujuk pada orang dengan sedikit atau tanpa pengaruh kreatif terhadap menu dan tanpa pengaruh terhadap dapur. Semua anggota dapur berada di bawah head chef atau executive chef.

Saat ini, muncul panggilan celebrity chef. Sebut saja Jamie Oliver, Nigella Lawson, Gordon Ramsey, dan Anna Olson. Mereka termasuk dari celebrity chef. Nah, mengapa disebut celebrity chef? Bagaimana asal mula disebut celebrity chef?

Dikatakan celebrity chef ketika chef tersebut kerap muncul di media massa, seperti televisi dalam acara memasak. Di Indonesia sendiri, panggilan celebrity chef baru muncul 12 tahun terakhir. Gelar celebrity chef pertama diberikan pada Alexis Soyer, asal Perancis yang terkenal di Inggris sekitar tahun 1800-an. Sedangkan di Amerika, ada Julia Child yang disebut sebagai celebrity chef pertama di Amerika pada tahun 1963.

Indonesia juga memiliki beberapa sosok celebrity chef, yang dilansir dari Kumparan yaitu:

  1. Maria Irene Susanto

Sebagian dari kalian mungkin asing dengan nama itu. Tapi pasti kenal dengan Chef Marinka atau Rinrin Marinka? Maria Irene Susanto adalah nama lengkap Chef Marinka yang dikenal sebagai juri di salah satu kompetisi memasak di Indonesia. Ia lahir pada 22 Maret 1980 dan telah akrab dengan dapur sejak kecil. Chef Marinka lulusan dari Le Cordon Bleu, Sydney, dengan spesialis French Cuisine and Patisserie dan pernah mengajar di Pantry Magic Cooking School, Kemang. Ia juga membuka mini cafe bernama Mars Kitchen yang menyediakan cake, snack dan dessert sehat.

  1. Junior Juna Rorimpandey

Pria kelahiran Manado, 20 Juli 1975 ini dikenal memiliki sifat galak  Chef Juna ahli dalam masakan Jepang dan masakan Perancis. Kariernya dalam dunia kuliner pun dimulai karena suatu ‘kecelakaan’, awalnya ia studi ke Amerika Serikat untuk menjadi seorang pilot. Namun, karena terkendala biaya, akhirnya ia menjadi seorang pelayan di sebuah restoran dan sampai menjadi seorang celebrity chef seperti sekarang ini.

  1. Farah Quinn

Perempuan berkulit eksotis ini dikenal sebagai celebrity chef saat ia menjadi presenter di salah satu program masak di televisi swasta. Farah Farhanah Quinn memulai kariernya di restoran Lydia’s Pittsburgh, Italia dan melanjutkan pendidikan di Pittsburgh Culinary Institute mengambil kelas pastry. Ia juga pernah menerbitkan sebuah buku berjudul 'Healthy Happy Family' di tahun 2011 yang berisi mengenai pengalaman pribadi tentang cara memberi makanan-makanan sehat kepada anak.

  1. Nicky Tirta

Pria kelahiran Jakarta, 27 April 1983 ini asalnya adalah seorang aktor dan bintang iklan Indonesia. Beberapa tahun belakangan dirinya memilih fokus dalam dunia kuliner, tetapi enggan disebut chef dan lebih suka disebut home chef.

  1. Aiko Sarwosri Isra

Chef Aiko dikenal sejak menjadi presenter di salah satu acara di televisi. Perempuan kelahiran Medan, 6 Mei 1989 ini juga pernah menjadi pemain di film ‘Pulau Hantu 3’. Saat masih kelas 3 SD, ia membuat kreasi makanan berbahan dasar mie instan.

 

Referensi:

Kumparan dan Womantalk

Share this Post

Share

Hari Chef Nasional

25 Januari diperingati sebagai Hari Chef Nasional Kepada seluruh pencinta kuliner yang tergabung da...