Fungsi Talenan Berdasarkan Warnanya

Sudah benarkah kamu dalam menggunakan talenan selama ini? – Talenan merupakan salah satu peralatan dapur yang menjadi perhatian saat memasak dan wajib punya. Alat ini berfungsi sebagai tatakan untuk memotong sayur, daging, buah, dan bahan lainnya. Biasanya, talenan terbuat dari plastik, kayu, bambu, rubber, silikon.

Pada umumnya, talenan harus dibedakan berdasarkan fungsinya. Jika hanya menggunakan satu talenan untuk semua bahan makanan, besar kemungkinan ada bahan makanan tercemar bakteri dari daging atau makanan lain.

Jika kamu menemukan talenan dengan berbagai macam warna, ini tidak hanya sebagai keindahan saja. Namun, warna ini menunjukkan jenis makanan apa yang dapat dipotong di atasnya. Yuk kenali standard kitchen secara internasional untuk fungsi talenan berdasarkan warnanya.

  1. Hijau

Talenan berwarna hijau ini untuk memotong sayuran, salad dan buah.

  1. Biru

Talenan biru biasa digunakan untuk memotong aneka macam makanan laut (seafood). Seperti ikan, kepiting, udang, dan seafood lainnya.

  1. Merah

Talenan berwarna merah digunakan untuk memotong daging mentah. Seperti daging ayam, sapi, kambing, bebek, dsb.

Baca juga: 5 Tips Memilih Talenan yang Baik Sesuai Kebutuhan

 

  1. Kuning

Talenan kuning ini digunakan untuk memotong beragam daging unggas mentah. Misalnya, ayam, burung, bebek, dan sejenisnya.

  1. Coklat

Talenan berwarna coklat digunakan untuk memotong daging yang sudah dimasak.

  1. Putih

Talenan putih biasa digunakan untuk memotong makanan yang sudah matang dan siap santap atau untuk produk susu dan roti.

Menurut Global Hygiene Council bahwa hampir setengah dari seluruh perabotan rumah yang digunakan dapat terkontaminasi bakteri berbahaya, termasuk bakteri E Colli. Bakteri ini umumnya ditemukan pada daging mentah, ikan hingga buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci.

 Talenan yang tidak dibersihkan dengan baik dan benar, dapat menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Jadi, salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya kontaminasi bakteri yaitu dengan membedakan penggunaan talenan untuk berbagai macam bahan makanan.

Sekarang, kamu sudah mengetahui macam talenan yang tepat sesuai dengan bahan makanan. Jangan sampai  salah lagi ya! Semoga artikel ini bermanfaat.

Referensi:

IDNTimes, Okezone

 

Share this Post

Share

Rakernas 2020

Salam sahabat kuliner nusantara. Rakernas ICA 2020 akan diselenggarakan pada tanggal 7 Februari 202...