5 Tips Memilih Talenan yang Baik Sesuai Kebutuhan

Landasan memotong - talenan  adalah salah satu alat dapur yang menjadi perhatian saat memasak. Apa yang Anda perhatikan sebelum membeli talenan? Bahannya, bentuknya atau mungkin yang instagramable? Ternyata memilih talenan tidak boleh sembarangan loh! Berikut tips untuk memilih talenan yang pas untuk kebutuhan Anda:

  1. Kenali jenis-jenis talenan
  • Talenan kayu, paling populer. Kelebihannya yaitu bentuknya lebar dan kuat, tidak membuat mata pisau puntul, dan bekas goresan pisau tidak terlihat. Tetapi kekurangannya yaitu serat kayu dapat menyimpan banyak bakteri dari bahan segar seperti daging. Maka diperlukan perawatan ekstra saat mencucinya. Bahan kayu yang disarankan adalah yang keras dengan pori-pori kecil, seperti kayu jati.
  • Talenan plastik, mudah dan murah. Aman digunakan untuk memotong daging, kekurangannya bekas pisau mudah tercetak dalam talenan ini dikarenakan memiliki bahan yang lunak. Pastikan bahan yang digunakan harus bebas dari BPS, sehingga tidak beracun untuk makanan.
  • Talenan bambu, ramah lingkungan. Talenan ini diperuntukkan untuk pencinta lingkungan. Kelebihan talenan ini yaitu, menyerap sedikit cairan dibandingkan papan kayu, memiliki serat bahan rapat sehingga tidak menyimpan bakteri dan anti retak. Kekurangannya, lebih sulit menggunakan pisau, memiliki alur kecil bisa mengganggu proses pemotongan yang halus, perlu diminyaki secara teratur karena bambu dapat menjadi serpihan jika tidak dirawat dengan baik, penggunaan yang cukup lama juga dapat membuat papan berbulu dan mudah menerima bakteri, serta dapat menumpulkan pisau.
  • Talenan kaca, sangat tidak direkomendasikan. Talenan kaca mudah pecah dan lebih licin apabila digunakan untuk memotong bahan segar dan dapat menumpulkan pisau.
  • Talenan rubber, lebih modern. Kelebihan talenan rubber yaitu cenderung anti slip, dapat ‘menyembuhkan diri’ dari bekas goresan pisau, melindungi mata pisau, dan mudah dibersihkan dengan menggunakan sabun cuci piring.
  • Talenan silikon, favorit chef. Talenan silikon ini memiliki kelebihan yaitu tidak berbau karet dan anti panas. Itu menjadikan talenan ini favorit untuk pemasak pemula bahkan executive chef.

Setelah mengetahui jenis-jenis talenan, maka apa material talenan terbaik? Material terbaik untuk talenan harus lembut, tidak kasar, mudah dibersihkan, tidak rapuh saat digunakan. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menurut Rodale News, Dean O. Cliver, PhD dari University of California, Davis melakukan penelitian bahwa talenan kayu mengandung bakteri salmonella dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan talenan plastik. Banyak perdebatan mengenai masalah ini, pendapat resmi FDA bahwa keduanya aman digunakan apabila dicuci dengan baik dan sering diganti.

  1. Jangan pillih talenan yang mempunyai kaki

Memang terlihat instagramable nan estetik, tetapi hal tersebut tidaklah penting. Talenan yang memiliki kaki keseimbangannya tidak baik untuk memotong. Jangan hanya pilih estetikanya saja, ya!

  1. Pilih ukuran talenan yang pas

Jangan sampai Anda mempunyai talenan yang terlalu besar atau terlalu kecil. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ukuran panjang 38 cm dan lebar 50 cm adalah ukuran yang pas untuk Anda, karena besarnya mampu memberimu cukup ruangan untuk bekerja.

  1. Perhatikan tingkat perawatan

Talenan kayu paling direkomendasikan untuk ketahanannya, tetapi butuh perawatan ekstra seperti, dicuci dua kali atau diberi minyak agar awet. Sedangkan, talenan kayu tidak membutuhkan perawatan lebih, tetapi mudah rusak.

  1. Kuantitas talenan

Setelah mengetahui jenis-jenis talenan yang telah disebutkan di awal, perlukah Anda mempunyai semua jenis talenan tersebut? Sebenarnya tidak, semua tergantung kepada Anda, seberapa sering memasak di dapur. Anda hanya harus mempunyai dua talenan di rumah, yaitu satu untuk memotong sayuran dan satu untuk memotong daging. Talenan kayu dan talenan bambu cocok digunakan untuk memotong sayuran. Memang talenan kayu tidak baik digunakan untuk memotong daging, karena dapat menyimpan bakteri. Hal tersebut dapat diminimalisir dengan mencuci talenan dua kali. Pertama, cuci dengan menggunakan kasa besi, kedua cuci biasa dengan sabun.

Itulah 5 panduan mengenai cara memilih talenan yang baik dan benar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi Anda.

 

Referensi:

DetiFood , Sajiansedap , Republika , Ruparupa , IDN Times

Share this Post

Share