Cara Penyajian Masakan Barat

            Perhatikan cara penyajian masakan yang akan dihidangkan! – Ketika menyajikan hidangan di atas piring, tujuannya yaitu untuk menciptakan pengalaman bersantap yang menggoda seluruh indera, tidak hanya lidah. Makanan yang terlihat indah dan menarik, akan membuat tubuh menghasilkan banyak cairan yang berguna untuk penyerapan nutrisi. Lalu, bagaimana cara penyajian masakan barat yang tepat?

  1. Perlihatkan bahan makanan utama

Hidangan memerlukan plot utama yang baik. Untuk makanan barat, titik utama hidangan yaitu protein, baik itu daging, ayam, atau hasil laut. Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu meletakkan plot utama di atas piring, dilanjutkan dengan komponen makanan lainnya.

  1. Tambahkan tekstur dan warna berbeda pada piring

Makanan akan jauh lebih menarik ketika menampilkan beberapa warna. Warna memiliki peran penting dalam memeriahkan hidangan. Warna hijau akan terlihat menyegarkan dan menggugah selera, warna kuning, cokelat, dan merah maroon memberikan tampilan menarik. Tekstur juga membantu mengurangi kebosanan pada makanan dan memberikan sensai berbeda saat dikonsumsi.

  1. Hiasan

Setelah makanan utama ditata di atas piring, gunakan beberapa hiasan untuk memberikan warna cerah dan berguna sebagai penggugah selera. Sebaiknya, hiasan sesuai dengan citarasa hidangan dan bisa dikonsumsi.

  1. Proporsi sajian

Hidangan yang disajikan harus dengan ukuran, warna, dan bentuk yang tepat dan pas. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan rasio kandungan protein, karbohidrat, dan sayuran yang seimbang pada setiap hidangan.

Bagaimana chef? Sudah tepatkah cara penyajian masakan barat selama ini?

Referensi:

UnileverFood , Unsplash

Share this Post

Share