5 Saus Andalan Chinese Food

Apa saja ya? - Masakan Cina (Chinese Food) sudah menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Ciri khasnya yaitu memiliki rasa sedap dan aroma yang menggugah selera. Salah satu yang sudah menjadi ‘rahasia umum’ yaitu sausnya. Jenis saus apa saja yang digunakan? Yuk disimak:

  1. Saus tiram

Seperti namanya, saus ini terbuat dari ekstrak kerang tiram. Mempunyai rasa gurih dan sedikit asin. Saus tiram hampir ditambahkan pada seluruh masakan chinese food, seperti gurame asam manis, capcay, ayam goreng mentega, dll.

  1. Kecap inggris

Disebut juga watercres sauce. Kecap inggris punya cita rasa asam dan aroma yang harum. Biasa ditambahkan dalam hidangan ayam goreng mentega dan saus asam manis lainnya.

  1. Minyak wijen

Saus ini selalu ditambahkan pada dimsum seperti, siomay, hakaw, pangsit goreng, dsb. Minyak wijen juga tidak boleh ketinggalan saat membuat sup, ikan tim, tumisan, bahkan bubur. Minyak wijen biasa ditambahkan sesaat sebelum masakan matang, gunanya untuk mempertahankan aromanya.

  1. Kecap ikan

Punya aroma yang cukup mengganggu, tetapi rasanya luar biasa sedap. Biasa ditambahkan pada tumis sayuran hijau, pasti rasanya semakin lezat. Kecap ikan punya rasa asin, jadi jangan tambahkan garam terlebih dahulu dalam masakan. Biasa ditambahkan pada nasi goreng atau masakan tim.

  1. Kecap asin

Kecap asin punya rasa asin tanpa gurih. Dapat menggantikan kecap ikan. Saus ini biasa ditambahkan pada masakan yang tidak mau aroma amis ikan, seperti bakmi.

Itulah 5 saus andalan yang sering ditambahkan pada chinese food. Apakah chef sering menambahkannya pada masakan yang dibuat? Selamat mencoba.

Referensi:

Tribunnews , IDN Times , Sajiansedap

 

Share this Post

Share