10 Manfaat Dibalik Aroma Menyengat Pete

            Meskipun terkenal memiliki bau menyengat, tapi banyak manfaatnya – Beberapa orang tidak menyukai bau yang dihasilkan oleh pete, namun tak sedikit pula yang tak keberatan dengan aromanya. Dibalik aroma menyengatnya, pete memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Apa saja? Yuk simak.

  1. Mengatasi PMS (Pre Menstrual Syndrome

Saat mengalami PMS, cukup atasi dengan mengonsumsi petai. Kandungan vitamin B6 di dalamnya dapat mengatur gula darah, sehingga mampu membantu mengatasi mood.

  1. Mengatasi depresi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh MIND, diantara pasien pnderita depresi, banyak dari mereka yang merasa lebih baik setelah makan petai. Ini terjadi karena petai mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Ini akan membuat Anda rileks, memperbaiki mood dan akan membuat seseorang lebih bahagia.

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang tinggi, mampu mengatasi tekanan darah. Dipercaya mampu menurunkan risiko terkena stroke. Bahkan menurut riset yang dipublish oleh The New England Journal of Medicine, bahwa menambahkan petai dalam konsumsi harian mampu mengurangi risiko kematian karena stroke hingga 40%/

  1. Mengatasi anemia

Petai memiliki kandungan zat besi yang tinggi, petai dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

  1. Mengatasi sembelit

Ternyata petai memiliki kandungan serat yang tinggi, petai dapat mempermudah buang air besar dan menormalkan kembali sistem pencernaan.

  1. Mengatasi gatal

Manfaat petai yang satu ini berasal dari kulitnya. Kulit petai mampu mengatasi rasa gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk.

  1. Memberikan dorongan energi

Siapa sangka bahwa petai mampu membuat tubuh lebih bertenaga. Kandungan sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat mampu membuat seseorang memiliki tenaga lebih. Hal ini dibuktikan adanya riset mengenai manfaat petai yang mampu membuat seseorang melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

  1. Mengatasi luka lambung

Petai bermanfaat sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena taksturnya yang lembut dan halus. Petai mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi.

  1. Menghilangkan kebiasaan merokok

Khasiat ini jarang disadari. Petai mampu membantu seseorang yang ingin berhenti merokok. Kandungan vitamin B6, B12, kalium, dan magnesium, mampu membantu tubuh untuk mengatasi kecanduan nikotin.

  1. Melawan bakteri

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak biji petai mampu mengatasi bakteri jahat. Kandungan trithiolane dan hexathionine dalam petai memiliki kemampuan antibakteri. Kesimpulan sementara, ekstrak biji petai efektif melawan golongan bakteri Gram-negatif.

Bagaimana? Dibalik aroma menyengatnya ternyata banyak manfaat yang didapat apabila mengonsumsi petai. Masih tidak mau mencicipinya?

Referensi:

Grid , Alodokter , Kompasiana , DokterSehat

Share this Post

Share