Cara Mengolah Kacang Merah yang Baik dan Benar

            Suka mengonsumsi kacang merah? – Manado punya makanan khas sup kacang merah, biasa disebut sup brenebon. Kadang, jika ingin membuat sendiri, kacang merah masih keras, padahal sudah direbus dengan waktu yang cukup lama. For your information, engonsumsi kacang merah yang belum matang dapat meningkatkan risiko keracunan.

            Kacang merah merupakan salah satu makanan yang tinggi akan serat. Agar gizi di dalamnya tidak hilang, perlu mengolahnya dengan baik dan benar. Bagaimana caranya?

  1. Pilih kacang merah yang tepat

Pastikan Anda tahu cara memilih kacang merah yang tepat. Pilih yang permukaannya licin, bentuknya sempurna, tidak banyak kotoran yang menempel, tidak bertunas, tidak busuk, warnanya merah tidak kehitaman, dan tidak tampak adanya kerutan.

Jika membeli kacang merah yang sudah direbus, pilih yang tidak berbau asam, tidak licin/berlendir, dan sudah cukup empuk. Jika membeli kacang merah kaleng, pilih yang kemasannya tidak penyok, bocor, dan berkarat. Perhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan.

  1. Cuci hingga bersih

Setelah membeli kacang merah, cuci di bawah air mengalir hingga bersih. Untuk kacang merah rebus dan kaleng, cuci hingga permukaan kacang kesat dan tak ada sisa lendir atau air perendamnya.

  1. Rendam kacang merah

Kacang merah segar direndam di dalam air selama 1-2 jam. Pastikan seluruh bagian kacang merah terendam air. Kacang merah kering lama empuknya, perlu direndam selama semalaman. Kacang merah akan mengembang menjadi dua kali lipat, tambahkan air hingga cukup merendam kacang yang mengembang itu.

  1. Perebusan

Dikutip dari Boldsky, kacang merah mengandung racun fitohemaglutinin yang dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare. Cara menghilangkan racun tersebut yaitu memasaknya hingga empuk.

Proses merebus kacang merah juga membutuhkan waktu cukup lama agar benar-benar empuk, yaitu selama 2 jam. Gunakan air yang banyak dan pastikan seluruh kacang terendam sempurna. Jika air sudah asat, tambahkan kembali air hingga kacang benar-benar empuk, tetapi tidak sampai hancur atau terbuka kulitnya.

Untuk memastikan kematangan kacang merah, ambil sebutir kacang merah lalu hancurkan dengan kedua jari. Jika sudah empuk, tiriskan air rebusan lalu siram dengan air jernih.

  1. Sisihkan busa secara berkala

Saat kacang merah mulai matang, Anda akan melihat ada endapan busa berwarna keabu-abuan yang muncul di bagian atas panci. Endapan tersebut merupakan zat lektin yang terlepas dari kacang merah. Jadi, jangan lupa buang busanya secara berkala agar zat tidak masuk kembali ke dalam kacang merah.

  1. Tambahkan garam

Tambahkan garam saat merebus kacang merah. Selain untuk memperkaya rasa, garam mampu membantu meminimalisisr kandungan lektin yang ada di dalamnya. Saat yang tepat untuk menambahkan garam yaitu setelah air rebusan kacang mendidih, lalu aduk hingga rata.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Referensi:

Fimela , Kumparan , Hellosehat , Merdeka , Livestrong , Beaninstitute

Share this Post

Share

World Egg Day

                Ternyata...