10 Fakta Menarik Tentang Frozen Yogurt

                Benarkah frozen yogurt lebih sehat? – Frozen yogurt tentu sudah familiar bagi kalian. Sesuai dengan namanya, frozen yoghurt memiliki konsistensi yang lebih beku jika dibandingkan dengan yogurt pada umumnya. Penyajian frozen yogurt dengan menambahkan berbagai macam topping yang membuatnya semakin cantik dan menggugah selera. Tekstur frozen yogurt mirip dengan es krim.

Berikut beberapa fakta menarik tentang frozen yogurt. Cari tahu yuk!

  1. Susu segar sebagai bahan utama

Sebagian orang mengira bahwa frozen yogurt memiliki banyak campuran. Padahal sebenarnya untuk olahan frozen yogurt ini tetap didominasi oleh susu segar dengan sedikit tambahan gula dan tidak menambahkan banyak lemak.

  1. Frozen yogurt tidak rendah kalori

Orang berpikir frozen yogurt cocok untuk menu diet. Kalori yang terkandung di dalam frozen yogurt tidak serendah yang dipikirkan. Konon, untuk satu porsi frozen yogurt dengan berat 12 ons memiliki kalori sekitar 25-30/ons. Tentu ada banyak kalori di setiap porsinya. Selalu perhatikan porsi yang kamu konsumsi.

  1. Berasal dari Timur Tengah

Siapa kira bahwa yogurt berasal dari Timur Tengah, Turki? Pasti sebagian kita berpikir bahwa yogurt berasal dari negara Barat. Nama yogurt sendiri diambil dari bahasa Turki, yaitu jugurt yang memiliki arti susu asam. Selaras dengan cita rasa yogurt yang asam dan berbahan dasar susu.

  1. Memiliki hari perayaan

For your information, frozen yogurt memiliki hari perayaan yang diperingati setiap tanggal 6 Februari. Tentu hari itu menjadi sangat menarik dan bermakna, khususnya bagi para pencintanya.

  1. Berpenampilan cantik

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa frozen yogurt sering ditambahkan berbagai topping menarik yang membuatnya semakin cantik. Jika dibandingkan dengan produk olahan susu lainnya yang berpenampilan itu-itu saja, tentu frozen yogurt lebih unggul dan unik.

  1. Kalori

Kandungan kalori dalam frozen yogurt mirip dengan es krim, karena kedunya berbahan dasar susu murni (whole milk). Namun, beberapa es krim dan frozen yogurt menggunakan susu tanpa lemak. Untuk frozen yogurt dari susu murni, setengah cangkir frozen yogurt mengandung 110 kalori. Untuk produk berbahan susu tanpa lemak, setengah cangkir frozen yogurt mengandung 80 kalori.

  1. Lemak

Setengah cangkir frozen yogurt mengandung 2 gr lemak dan 2 gr lemak jenuh. Jika Anda memilih frozen yogurt dari susu tanpa lemak yang bebas gula, setengah cangkirnya tidak mengandung lemak sama sekali. Yang perlu diperhatikan, lemak tak selalu bersifat jahat bagi tubuh. Faktanya, lemak bisa memperlambat proses pencernaan gula dalam tubuh sehingga kepuasan Anda menikmati kudapan manis akan bertahan lebih lama. Anda pun jadi lebih mudah untuk menahan diri dari menambah porsi es krim Anda.

  1. Gula

Tanpa disadari, kandungan gula pada frozen yogurt justru lebih banyak dibanding es krim. Menurut ahli nutrisi dari Amerika Serikat, Dana Kofsky yang dilansir dari CNN, perusahaan-perusahaan yang memproduksi frozen yogurt sering menambahkan takaran gula untuk memperkuat rasa. Ada 17 gr gula dalam setengah cangkir frozen yogurt.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber utama yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Nah, pada umumnya, frozen yogurt mengandung banyak gula, maka tingkat karbohidrat dari frozen yogurt juga tinggi, yaitu sekitar 22 gr.

  1. Sodium

Sodium juga dibutuhkan oleh tubuh, walaupun tidak dalam kadar tinggi. Kadar sodium yang tinggi bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Dalam setengah cangkir frozen yogurt mengandung sekitar 67 gr sodium.

Itulah 10 fakta tentang frozen yogurt. Semoga artikel Indonesian Chef Association ini bermanfaat.

 

Referensi:

DetikFood, Hellosehat, IDNTimes, Merdeka

Share this Post

Share